ADE NOOR SYAMSUDIN, . (2024) EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH BERBASIS LIFE SKILLS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS TERBUKA DI JAWA BARAT. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
cover _compressed.pdf Download (287kB) |
|
Text
bab 1 _compressed.pdf Download (244kB) |
|
Text
BAB II _compressed.pdf Download (293kB) |
|
Text
BAB III _compressed.pdf Download (232kB) |
|
Text
BAB IV_compressed.pdf Download (718kB) |
|
Text
BAB V _compressed.pdf Download (219kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf Download (122kB) |
|
Text
LAMPIRAN_compressed.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pemerataan akses, partisipasi sekolah dan rendahnya kualitas pembelajaran menjadi masalah utama pendidikan di Indonesia. Sekolah terbuka menjadi salah satu solusi terhadap permasalahan pendidikan di Indonesia khususnya masalah pemerataan akses dijenjang sekolah menengah. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan evaluasi implementasi program Sekolah Berbasis Life Skills pada Sekolah Menengah Atas Terbuka di Jawa Barat dan menghasilkan rekomendasi serta model implementasi program sekolah menengah atas terbuka berbasis life skills pada jenjang SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi CIPP yang terdiri dari komponen context, input, process dan product. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi di Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jawa Barat dan dua SMA penyelenggara SMA Terbuka di Jawa Barat : SMAS Puspa Mekar dan SMAN 1 Leuwi Liang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Evaluasi konteks (context evaluation) sudah sesuai dengan kriteria evaluasi, 2) Evaluasi input (input evaluation) sudah sesuai dengan kriteria evaluasi, 3) Evaluasi pelaksanaan program (process evaluation) sudah sesuai dengan kriteria evaluasi dan Evaluasi produk (products evaluation) sudah sesuai dengan kriteria evaluasi. Hasil evaluasi program SMA Terbuka berbasis life skills secara keseluruhan menunjukkan bahwa program sudah berjalan sangat efektif dengan kategori semua aspek sesuai dengan kriteria evaluasi, berarti program sudah efektif untuk mencapai tujuan peningkatan partisipasi sekolah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dengan demikian implementasi program SMA Terbuka Berbasis Life skills layak untuk dilanjutkan dan dikembangkan, beberapa pembenahan dibutuhkan terutama dalam hal manajemen dan administrasi untuk perbaikan dan peningkatan kualitas. Kata Kunci: Model Evaluasi, SMA Terbuka, Life Skill. Creating an equitable access, school participation and good quality of learning are the main challenges of education in Indonesia. Open School is one of the solutions to the problems of education in Indonesia, especially the problem of equal access at the Senior high school level. The purpose of this study was to evaluate the implementation of life skills-based open senior high school programs in West Java and to produce some recommendation and a life skills-based open senior high school implementation model at the senior high school level. This evaluation research uses a qualitative method with the CIPP model which consists of context, input, process and product components. The data in this study were obtained through observation, in-depth interviews and documentation studies at the West Java Region 1 Education Office and two SMAs that organize Open High Schools in West Java: SMAS Puspa Mekar Citeureup and SMAN 1 Leuwi Liang. The results of this study indicate that: 1) Context evaluation, is in accordance with the evaluation criteria, 2) Input evaluation is in accordance with the evaluation criteria, 3) process evaluation is in accordance with the evaluation criteria and 4) product evaluation is in accordance with the evaluation criteria. The overall evaluation results of the life skills-based Open High School program show that the program has been running very effectively and it is in accordance with the evaluation criteria, meaning the program has been effective in achieving the goal of increasing school participation and improving the community's standard of living. Thus, the implementation of the Life Skills Based Open High School program is worthy of being continued and developed, several improvements are needed, especially in terms of management and administration for improvement and improvement. Keywords: Evaluation Model, Open High School, Life Skills.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Eliana Sari, M.M. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Khusus Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 23992 not found. |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 05:17 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 01:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51127 |
Actions (login required)
View Item |