ANA ROHAYA, . (2022) PENGEMBANGAN BUKU BANTUAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI ANAK DENGAN ORANG TUA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01_Cover.pdf Download (41kB) |
|
Text
02_Abstrak&Abstract.pdf Download (11kB) |
|
Text
03_Lembar Pengesahan.pdf Download (341kB) |
|
Text
03a_Lembar Pengesahan.pdf Download (11kB) |
|
Text
04_Lembar Orisinalitas.pdf Download (310kB) |
|
Text
05_Lembar motto dan persembahan.pdf Download (4kB) |
|
Text
06_Kata pengantar.pdf Download (72kB) |
|
Text
07_Daftar isi.pdf Download (110kB) |
|
Text
08_Daftar Tabel, Gambar, Lampiran.pdf Download (81kB) |
|
Text
09_Bab 1.pdf Download (94kB) |
|
Text
10_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Text
11_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
Text
13_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
Text
14_Daftar pustaka.pdf Download (83kB) |
|
Text
15_Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
16_Daftar riwayat hidup.pdf Download (80kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku bantu diri mengenai keterbukaan diri anak dengan orang tua. Penelitian ini menggunakan model design based research (DBR) dengan tiga tahapan inti yaitu, analisis dan eksplorasi, desain dan kontruksi, serta evaluasi dan refleksi. Penelitian yang dilakukan hanya pada tahap evaluasi. Penelitian dilakukan di MA swasta daerah Pandeglang,Banten dengan populasi berjumlah 82 orang peserta didik kelas XI dan XII . Pengambilan sampel menggunakan non-probabiity sampling dengan teknik sampling jenuh atau sensus. Pengumpulan data berupa instrumen keterbukaan diri yang dikembangkan oleh Dwi Isti Anggraini (2013), instrumen kebutuhan media yang dikembangkan oleh Kustandi dan Sutjipto (2013). Pengujian media buku bantu diri dilakukan melalui tiga uji ahli; uji ahli media, uji ahli materi, uji pengguna kepada peserta didik. Hasil uji ahli media mendapatkan hasil 81,8% kategori sangat layak dengan interpretasi desain yang menarik, materi sesuai, bahasa mudah dipahami, typografi baik, ilustasi sesuai dengan pembahasan materi, dan layout sesuai. Hail uji materi sebesar 92,6% kategori sangat layak dengan hasil interpretasi materi pembelajaran sesuai dengan tujuan, materi lengkap, dan penyampain materi sesuai dengan keadaan peserta didik. Hail uji coba pengguna kepada peserta didik sebesar 81,8% kategori sangat layak dengan interpretasi media dan materi yang menarik sesuai dengan keadaan peserta didik. Oleh sebaab itu, hasil pengembangan media buku bantuan diri untuk meningkatkan keterbukaan diri anak dengan orang tua layak untuk digunakan oleh guru BK dalam memberikan layanan dan oleh peserta didik dalam memahami keterbukaan diri. ***************************************************** This study aims to develop a self-help book media about children's selfdisclosure with their parents. This study uses a design based research (DBR) model with three core stages, namely, analysis and exploration, design and construction, and evaluation and reflection. The research was conducted only at the evaluation stage. The research was conducted in a private MA in Pandeglang, Banten with a population of 82 students in class XI and XII. Sampling using non-probabiity sampling with sampling technique saturated or census. Data collection is in the form of a selfdisclosure instrumen developed by Dwi Isti Anggraini (2013), a media needs instrumen developed by Kustandi and Sutjipto (2013). The self-help book media test was conducted through three expert tests; media expert test, material expert test, user test to students. The results of the media expert test found that 81.8% were in a very feasible category with interesting design interpretations, appropriate material, easy-tounderstand language, good typography, illustrations in accordance with the discussion of the material, and appropriate layouts. The results of the material test were 92.6% in the very appropriate category with the results of the interpretation of the learning material in accordance with the objectives, complete material, and the delivery of the material according to the circumstances of the students. The results of user trials to students are 81.8% very feasible category with interesting media and material interpretations according to the students' circumstances. Therefore, the results of developing self-help book media to increase children's selfdisclosure with parents are suitable for use by BK teachers in providing services and by students in understanding self-disclosure.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd, Kons. 2). Dra. Meithy Intan Rukia Luawo, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 00:39 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 00:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51373 |
Actions (login required)
View Item |