INTAN MAHARANI PUTRI, . (2024) PENGARUH TERPAAN MEDIA ONLINE PADA PEMBERITAAN KASUS MAGANG FERIENJOB IN JERMAN DI TEMPO.CO PERIODE MARET – APRIL 2024 TERHADAP SIKAP MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JERMAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DALAM ANTISIPASI MEMILIH MAGANG LUAR NEGERI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf.pdf Download (784kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (622kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (914kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Banyaknya informasi yang beragam membuat rentannya informasi bersifat palsu dan melebihkan membuat banyak masyarakat turut terkena adanya terpaan media yang berdampak Pada terpaan fisik, persepsi maupun psikologis Peningkatan kecemasan pada konteks pemberitaan turut terjadi karena pemberitaan Tempo.co secara berkepanjangan namun tidak dapat dikorelasikan memiliki pengaruh terhadap sikap mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana pengaruh terpaan media online pada pemberitaan kasus magang Ferienjob In Jerman di Tempo.co periode Maret-April 2024 terhadap sikap mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta dalam antisipasi memilih magang luar negeri. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori New Medium Theory yang merupakan teori yang dipelopori oleh Mark Poster, David Holmes dan Pierry Levy yang menitikberatkan mengenai cara kerja media baru dapat dijadikan sebagai akses yang mengubah cara pandang dalam berkomunikasi yang berdampak pada perubahan perilaku atau sikap masyarakat. Variabel bebas penelitian ini yakni terpaan media yang memiliki empat dimensi diantaranya Automatic, Attentional, Transported dan Self-Reflexive. Adapun variabel terikat penelitian ini yakni sikap yang memiliki dimensi diantaranya Cognitive, Affective dan Behavioral. Paradigma penelitian ini positivisme dengan pendekatan menggunakan kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan survei dengan jenis penelitian ekplanatif. Sampel pada penelitian ini dari prodi Pendidikan Bahasa Jerman Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta sebanyak 58 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan penelitian ini yakni purposive sampling. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis univariate dan bivariate regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terpaan media online pada pemberitaan kasus magang Ferienjob In Jerman di Tempo.co periode Maret-April 2024 memberikan pengaruh positif yang terdapat pada dimensi Self-Reflexive yang menyangkut refleksi diri dan sikap mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta dalam antisipasi memilih magang luar negeri memberikan sikap affective menyakut perasaan yang positif kepada responden. Hal ini dilatarbelakangi karena dukungan pengukuran nilai distribusi dan nilai rata-rata dimensi. Dilain hal, pengaruh yang cukup kuat dan siginifikan terhadap terpaan media online pada pemberitaan kasus magang Ferienjob In Jerman di Tempo.co periode Maret-April 2024 terhadap sikap mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta dalam antisipasi memilih magang luar negeri. Hal ini didukung oleh hasil uji regresi linear sederhana dan hasil uji hipotesis uji t yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan baik dengan nilai determinan 76%. Dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini menyebutkan terpaan media online pada pemberitaan Ferienjob In Jerman di Tempo.co periode Maret-April 2024 pada konteks kesadaran yang kuat dan refleksi diri berpengaruh terhadap sikap mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta pada aspek sikap emosional pada diri sendiri yang dapat memberikan pengaruh terhadap perubahan sikap yang berlanjut dalam antisipasi memilih magang luar negeri. Saran untuk pemberitaan Tempo.co agar dapat memberikan pemberitaan yang lebih bervariatif dalam menyebarkan pemberitaan yang bersifat berkepanjangan, hal ini dimaksud untuk dapat mempengaruhi sikap lainnya. ***** The large amount of diverse information makes it vulnerable to false information and exaggerations, causing many people to be exposed to media exposure which has an impact on physical, perceptual and psychological exposure. An increase in anxiety in the context of the news also occurs because Tempo.co's reporting is prolonged but cannot be correlated with an influence on attitudes. student. Therefore, this research was created to find out how media exposure influences it online in reporting on internship cases Holiday job in Jerman on Tempo.co for the period March-April 2024 regarding the attitudes of German Language Education Study Program students Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta in anticipation of choosing an overseas internship. The theory used in this research is the New Medium Theory which is a theory pioneered by Mark Poster, David Holmes and Pierry Levy which focuses on how new media works can be used as access that changes the perspective in communication which has an impact on changing people's behavior or attitudes. . The independent variable of this research is media exposure which has four dimensions including Automatic, Attentional, Transported and Self-Reflexive. Meanwhile, the dependent variable of this research is attitude which has dimensions including: Cognitive, Affective and Behavioral. This research paradigm is positivism with a quantitative approach. The method used in this research uses a survey with an explanatory research type. The population in this study was 58 people from the German Language Education Study Program at Jakarta State University. The sampling technique used in this research is purposive sampling. Data analysis used used simple univariate and bivariate linear regression analysis. The results of this research show that exposure to online media in reporting on the Ferienjob In Germany internship case at Tempo.co for the period March-April 2024 had a positive influence on the dimensions Self-Reflexive which concerns the self-reflection and attitudes of Jakarta State University students in anticipation of choosing an overseas internship to provide an attitude affective convey positive feelings to respondents. This is motivated by the support for measuring distribution values and average dimension values. On the other hand, there is quite a strong and significant influence on exposure to online media in the reporting of the Ferienjob In Germany internship case at Tempo.co for the March-April 2024 period on the attitudes of Jakarta State University students in anticipating choosing an overseas internship. This is supported by the results of the simple linear regression test and the results of the t test hypothesis test which states that H0 is rejected and Ha is well accepted with a determinant value of 76%. It can be concluded that this research states that exposure to online media in the news about Ferienjob In Germany on Tempo.co for the period March-April 2024 in the context of strong awareness and self-reflection has an influence on the attitudes of Jakarta State University students in the aspect of emotional attitudes towards themselves which can have an influence. towards ongoing changes in attitudes in anticipation of choosing an overseas internship. Suggestions for Tempo.co reporting to be able to provide more varied reporting in distributing long-term news, this is intended to influence other attitudes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dini Safitri, M.Si. ; 2). Dr. Maulina Larasati Putri, M. I. Kom |
Subjects: | Karya Umum > Jurnalisme, Media Berita, Penerbitan Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 26413 not found. |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 06:52 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 06:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |