FATHIMAH AZ ZAHRA, . (2020) PENGARUH KEGIATAN MENGGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (EXPOST FACTO DI TKIT IQRO', JATIMAKMUR, BEKASI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (612kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (61kB) |
|
Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian expost facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggambar terhadap kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TKIT IQRO’, Jatimakmur, Bekasi dengan sampel penelitian anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 30 anak. Penelitian ini menggunakan desain kelompok tinggi dan kelompok rendah. Data dikumpulkan dengan instrumen observasi (check list). Instrumen penelitian sebelumnya dilakukan pengujian validitas dan realibilitas. Teknik analisis penelitian menggunakan uji normalitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 8,29 dan ttabel = 2,05 dengan dk = 28 pada taraf signifikan α = 0,05 yang artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil penelitiann ini menunjukkan bahwa kegiatan menggambar berpengaruh terhadap kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun. Kegaiatan menggambar dapat dijadikan sebagai kegiatan yang terprogram untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak. The purpose of this expost facto reaserch is to find out the effect of drawing activities to beginning writing ability of children aged 5-6 years. This research was carried out at TKIT IQRO', Jatimakmur, Bekasi with research samples of children aged 5-6 years with total 30 childrens. This study uses high and low group design. Data was collected by observation instrument (checklist). Previous research instincts were tented for validity and realibility. Research analysis techniques using the normality test. Hypothesis testing techniques using t-test. Based on the results of testing using the t-test obtained thitung = 8.29 and ttable = 2.05 with dk = 28 at a significant level α = 0.05 which means the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted. The results of this study illustrate how to draw on the ability to write beginning children aged 5-6 years. The activity of drawing can be made as a programmed activity to improve children's early writing skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Winda Gunarti, M.Pd. ; 2). Indah Juniasih, S.Pd, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 565 not found. |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 16:35 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 16:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5429 |
Actions (login required)
View Item |