KORELASI PERSEPSI DIRI PADA PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DENGAN PENGETAHUAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PENDIDIKAN TATA BOGA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

VANADIA AYU TSABITA, . (2025) KORELASI PERSEPSI DIRI PADA PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DENGAN PENGETAHUAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PENDIDIKAN TATA BOGA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 Skripsi.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Bab 2 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Lampiran Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah menguji korelasi persepsi diri pada praktik keterampilan mengajar dengan pengetahuan kompetensi pedagogik mahasiswa Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan di kampus A Universitas Negeri Jakarta pada bulan Desember 2022 hingga Desember 2024. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei melalui analisis deskriptif, korelasi spearman rank, uji signifikansi dan koefisien determinasi. Penelitian ini menemukan bahwa persepsi diri mahasiswa terhadap praktik keterampilan mengajar adalah tergolong dalam kategori baik. Sementara itu, pengetahuan kompetensi pedagogik mahasiswa termasuk kedalam kategori cukup. Analisis hubungan dengan korelasi Spearman. menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,808 dengan uji signifikansi Z hitung sebesar 5,94 > 1,96 Hal ini mengindikasikan adanya hubungan positif kategori sangat kuat yang signifikan antara persepsi diri pada praktik keterampilan mengajar dengan pengetahuan kompetensi pedagogik. Persepsi diri pada praktik keterampilan mengajar berkontribusi sebesar 65% pada korelasi pengetahuan kompetensi pedagogik mahasiswa Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Jakarta. (*****) The aim of this study is to analyze the correlation between self-perception of teaching skills practice and pedagogical competency knowledge among Culinary Education students at Universitas Negeri Jakarta. his study was conducted at Campus A of Universitas Negeri Jakarta from December 2022 to December 2024. The sample was determined using purposive sampling and calculated with the Slovin formula. The research method used was a survey method through descriptive analysis, Spearman rank correlation, significance testing, and the coefficient of determination.The study found that students' self-perception of teaching skills practice falls into the "good" category. Meanwhile, their knowledge of pedagogical competence is classified as "moderate." The relationship analysis using Spearman correlation showed a correlation value of 0.808, with a significance test (Z-score) of 5.94 > 1.96. This indicates a significant positive strong correlation between self-perception of teaching skills practice and knowledge of pedagogical competence. Self-perception of teaching skills practice contributes 65% to the pedagogical competence knowledge of Culinary Education students at Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rina Febriana, M.Pd. ; 2). Yeni Yulianti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Vanadia Ayu Tsabita .
Date Deposited: 03 Mar 2025 07:13
Last Modified: 03 Mar 2025 07:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54292

Actions (login required)

View Item View Item