MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA DAN GAMBAR (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI BKB PAUD MUSTIKA CERIA, JL. PEMUDA III A NO.31 RT/RW 10/02, KEL. RAWAMANGUN, KEC. PULOGADUNG, PROVINSI DKI JAKARTA)

DHIYAA AQIILAH, . (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA DAN GAMBAR (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI BKB PAUD MUSTIKA CERIA, JL. PEMUDA III A NO.31 RT/RW 10/02, KEL. RAWAMANGUN, KEC. PULOGADUNG, PROVINSI DKI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (204kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (160kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (233kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain kartu angka dan gambar. Penelitian ini dilaksanakan di BKB PAUD Mustika Ceria, Jl. Pemuda III A No.31 RT/RW 10/02, Kel. Rawamangun, Kec. Pulogadung, Provinsi DKI Jakarta. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 10 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian dengan kegiatan bermain kartu angka dan gambar menunjukkan bahwa pemerolehan data pada siklus I adalah 71,13% dan siklus II mencapai 92,27%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kegiatan bermain kartu angka dan gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di BKB PAUD Mustika Ceria. Hasil analisis data kualitatif membuktikan bahwa kegiatan bermain kartu angka dan gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Anak dapat mengenal bilangan, menghubungkan bilangan, mengklasifikasikan benda, dan mengurutkan bilangan. Kegiatan bermain kartu angka dan gambar dapat membuat anak mengenal konsep bilangan untuk melakukan kegiatan ke tahap selanjutnya seperti operasi bilangan, dan lain-lain. This study aims to improve the ability to know the concept of numbers children age 5-6 years through the activities of playing number and picture cards. This research implemented in BKB PAUD Mustika Ceria, Jl. Pemuda III A No.31 RT/RW 10/02, Kel. Rawamangun, Kec. Pulogadung, Provinsi DKI Jakarta. The subjects of this research is children in group B which consist of 10 people. The method used in the research is a classroom action research method by using Kemmis and Taggart models. The data collection is done by observation, documentation, and interview. The results of the study with playing number and picture cards activities showed that the acquisition of data in the first cycle was 71,13% and the second cycle reached 92,27%. These results indicate that the activity of playing number and cards can improve the ability of the concept of numbers of children (5-6 years old) in BKB PAUD Mustika Ceria. The results of qualitative data analysis prove that the activity of playing number and picture cards can improve the ability the concept of numbers. The child can recognize of number sense, one to one correspondence, classifying, and sorting. Playing number and picture cards can make children familiar with the concept of numbers to perform the activity to the next stage such as number operations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Yudrik Jahja, M.Pd. ; 2) Dr. Sri Wulan, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 617 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2020 10:38
Last Modified: 16 Apr 2020 10:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5451

Actions (login required)

View Item View Item