PENGEMBANGAN BUKU CALITA (BACA, PILIH DAN BERCERITA) SEBAGAI MEDIA MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK DENGAN PROBLEMA BELAJAR

FIFI REZEKI AULIA MUSLIKA, . (2020) PENGEMBANGAN BUKU CALITA (BACA, PILIH DAN BERCERITA) SEBAGAI MEDIA MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK DENGAN PROBLEMA BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER-1335150902.pdf

Download (329kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (479kB)
[img] Text
3. SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (467kB)
[img] Text
4. SCAN LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (399kB)
[img] Text
5. SCAN SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (514kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (296kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (496kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (303kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (851kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku CALITA (Baca, Pilih dan Bercerita) sebagai media membaca pemahaman pada peserta didik dengan problema belajar. Penelitian ini dilakukan sejak Juni 2019 – Januari 2020 di SDN Kramat Jati 01, Jakarta Timur dan melibatkan 2 peserta didik dengan problema belajar di kelas 5. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis – Design – Develop - Implement - Evaluate). Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dilakukan terhadap responden dengan tahapan evaluasi formatif berupa evaluasi satu-satu oleh para ahli, guru dan peserta didik. Hasil penilaian buku CALITA pada evaluasi satu-satu oleh para ahli memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 86.5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku CALITA sebagai media membaca pemahaman memperoleh kriteria baik. Buku CALITA dapat digunakan oleh guru untuk membantu peserta didik dengan problema belajar kelas V di SDN Kramat Jati 01 pada kegiatan membaca pemahaman berdasarkan uji coba yang dilakukan. Pengembangan buku CALITA diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya. This study aims at producing a CALITA book (read, select and tell stories) as a media in reading comprehension for students with learning problems. This study conducted as from Juni 2019 – Januari 2020 at SDN Kramat Jati 01, East Jakarta and involved 2 student with learning problems fifth grade. The method used in this study is the Research and Development (R&D) referring to ADDIE (Analysis - Design - Develop - Implement - Evaluate) model. This study uses a questionnaire conducting on respondents with formative evaluation stages in the form of one-on-one evaluations by experts, teacher and students. The results of the CALITA book evaluation on a one-on-one evaluation by experts obtained an overall average of 86.5%. The results showed that the developing of CALITA as a media in reading comprehension gained good criteria. CALITA book can be use by teachers to help students with learning problems fifth grade at SDN Kramat Jati 01 in reading comprehension activities. The development of the book CALITA is expected to be a reference for further research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc ; 2). Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 546 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 09:48
Last Modified: 12 Mar 2020 11:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5610

Actions (login required)

View Item View Item