PENGARUH PERSEPSI AD INTRUSIVENESS DAN CONTENT QUALITY TERHADAP CONSUMER BEHAVIOR DENGAN VARIABEL MEDIASI CONSUMER SATISFACTION (STUDI PADA KONSUMEN MEDIA ONLINE DETIKCOM)

MUHAMMAD FATHI FARHAN, . (2025) PENGARUH PERSEPSI AD INTRUSIVENESS DAN CONTENT QUALITY TERHADAP CONSUMER BEHAVIOR DENGAN VARIABEL MEDIASI CONSUMER SATISFACTION (STUDI PADA KONSUMEN MEDIA ONLINE DETIKCOM). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (957kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan wawasan baru dan menganalisis terkait pengaruh dari persepsi ad intrusiveness dan content quality terhadap consumer behavior melalui consumer satisfaction sebagai mediasi dengan studi pada konsumen media online detikcom. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui survei yang disebarkan dengan kuesioner secara daring, yang dilakukan terhadap 240 mahasiswa berdomisi di DKI Jakarta dengan teknik purposive sampling. Melalui uji analisis dengan Structural Equation Model (SEM) menggunakan SmartPLS menunjukkan hasil bahwa ad intrusiveness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap consumer behavior melalui consumer satisfaction secara langsung maupun tidak langsung. Kemudian content quality juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap consumer behavior melalui consumer satisfaction secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, consumer satisfaction juga memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap consumer behavior pada media online detikcom. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya persepsi yang negatif terhadap iklan yang mengganggu terhadap kepuasan dan perilaku mereka saat beraktivitas di situs detikcom. Di samping itu, kualitas konten menjadi salah satu dampak positif dalam memperoleh kepuasan serta perilaku konsumen saat mengakses situs detikcom. Hal tersebut menjadi pertimbangan agar penayangan iklan sebagai sarana pemasaran digital pada situs detikcom dapat dikelola dengan baik, sehingga tidak mengganggu akitivitas konsumen yang dapat menimbulkan persepsi negatif. Kemudian konsistensi agar selalu mempertahankan kualitas konten dari informasi yang disajikan oleh situs detikcom, supaya rasa kepercayaan konsumen dalam mengakses situs detikcom terus meningkat. Penelitian ini akan membantu para pengelola iklan pada media online terkait pandangan konsumen, untuk mengupayakan efektivitas pemasaran melalui penayangan iklan agar mampu bekerja secara optimal. **** The purpose of this study is to gain new insights and analyze the influence of perceptions of ad intrusiveness and content quality on consumer behavior through consumer satisfaction as a mediation with a study on detikcom online media consumers. This study uses a quantitative method through a survey distributed with an online questionnaire, which was conducted on 240 students domiciled in DKI Jakarta with a purposive sampling technique. Through the analysis test with the Structural Equation Model (SEM) using SmartPLS, it shows that ad intrusiveness has a positive and significant influence on consumer behavior through consumer satisfaction directly and indirectly. Then content quality also has a positive and significant influence on consumer behavior through consumer satisfaction directly and indirectly. In addition, consumer satisfaction also has a positive and significant impact on consumer behavior on detikcom online media. This study shows that there is a negative perception of annoying ads on their satisfaction and behavior when doing activities on the detikcom site. In addition, content quality is one of the positive impacts in obtaining consumer satisfaction and behavior when accessing the detikcom site. This is a consideration so that the display of advertisements as a means of digital marketing on the detikcom site can be managed properly, so as not to interfere with consumer activities that can cause negative perceptions. Then consistency to always maintain the quality of content from the information presented by the detikcom site, so that consumer trust in accessing the detikcom site continues to increase. This study will help advertising managers on online media related to consumer views, to strive for marketing effectiveness through advertising displays so that they can work optimally

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Osly Usman, M.Bus.Sys. ; 2). Adnan Kasofi, S.Pd., MBA.
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Bisnis Digital
Depositing User: Muhammad Fathi Farhan .
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:01
Last Modified: 04 Aug 2025 08:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57733

Actions (login required)

View Item View Item