ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, SALES PROMOTION, E-WOM, SERTA POSITIVE EMOTION TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN UMKM PADA BASO ACI DI TIKTOK SHOP

DINDA TRIANA PUTRI, . (2025) ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, SALES PROMOTION, E-WOM, SERTA POSITIVE EMOTION TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN UMKM PADA BASO ACI DI TIKTOK SHOP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (548kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Chapter 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB)
[img] Text
Lampiran Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image, sales promotion, electronic word of mouth (E-WoM), dan positive emotion terhadap perilaku impulse buying konsumen dalam keputusan pembelian pada Baso Aci di TikTok Shop. Objek yang dipilih pada penelitian ini adalah Baso Aci Sajodo yang secara umum Baso Aci menjadi produk paling populer di TikTok Shop pada bulan Oktober tahun 2024, namun produk Baso Aci Sajodo masih memiliki performa penjualan yang rendah dibandingkan dengan produk Sajodo lainnya. Kondisi tersebut merupakan permasalahan yang sering terjadi pada UMKM karena strategi pemasaran yang tidak merata dan belum optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner melalui Google Form yang dilakukan secara online kepada 250 responden yang berada di wilayah Jabodetabek dengan usia minimal 17 tahun, dan pernah membeli Baso Aci Sajodo minimal riwayat pembelian dua kali dalam satu bulan terakhir di TikTok Shop. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) pada perangkat AMOS versi 26 untuk menguji hubungan antar variabel yang diteliti serta menguji hipotesisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image, sales promotion, electrnoic word of mouth, dan positive emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Sehingga, penelitian ini memberikan hasil yang dapat membawa implikasi pada perencanaan strategis bagi pelaku UMKM khususnya pada Baso Aci Sajodo dalam mengoptimalkan citra merek yang baik, promosi yang menarik, ulasan yang positif, serta kemampuan dalam membangun emosi positif konsumen untuk dapat meningkatkan peluang terjadinya keputusan pembelian secara impulsif. ***** This study aims to analyze the influence of brand image, sales promotion, electronic word of mouth (E-WoM), and positive emotion on consumers’ impulse buying behavior in purchasing decisions related to Baso Aci on TikTok Shop. The selected object of this study is Baso Aci Sajodo. Although Baso Aci in general was the most popular product on TikTok Shop in October 2024, the sales performance of Baso Aci Sajodo remained relatively low compared to other products offered by Sajodo. This condition reflects a common issue faced by MSMEs, often caused by uneven and suboptimal marketing strategies. This research uses a quantitative approach by distributing questionnaire online via Google Forms to 250 respondents who live in Jabodetabek, are at least 17 years old, and who have purchased Baso Aci Sajodo at least twice in the past month on TikTok Shop. Data were analyzed using technic Structural Equation Modeling (SEM) with AMOS version 26 to examine the relationships between the studied variables and to test the proposed hypotheses. The findings indicate that brand image, sales promotion, electronic word of mouth, and positive emotion have a positive and significant influence on impulse buying. Therefore, this research provides valuable insights for strategic planning, particularly for MSME actors such as Baso Aci Sajodo, in optimizing brand image, offering attractive promotions, generating positive reviews, and building consumers’ positive emotions to enhance the likelihood of impulse buyings.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D. ; 2). Nofriska Krissanya, S.E., M.B.A.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Dinda Triana Putri .
Date Deposited: 08 Aug 2025 01:56
Last Modified: 08 Aug 2025 01:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58813

Actions (login required)

View Item View Item