SHAFA DEA ADRISTI, . (2025) PENGARUH LITERASI EKONOMI, MEDIA SOSIAL, DAN PEMBAYARAN DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) ANGKATAN 2021 UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Skripsi_Shafa Dea Adristi_Cover - Kata Pengantar.pdf Download (827kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Shafa Dea Adristi_Table of Content.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Shafa Dea Adristi_BAB I.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Shafa Dea Adristi_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi_Shafa Dea Adristi_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi_Shafa Dea Adristi_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi_Shafa Dea Adristi_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi_Shafa Dea Adristi_Daftar Pustaka.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Shafa Dea Adristi_Lampiran - Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi ekonomi, media sosial, dan pembayaran digital terhadap perilaku konsumtif mahasiswa secara parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 279 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) angkatan 2021 Universitas Negeri Jakarta yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Literasi Ekonomi berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa FEB UNJ angkatan 2021. (2) Media Sosial berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa FEB UNJ angkatan 2021. (3) Pembayaran Digital berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa FEB UNJ angkatan 2021. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan literasi ekonomi di kalangan mahasiswa untuk membentuk perilaku konsumsi yang lebih bijak, serta perlunya kesadaran dalam menggunakan teknologi digital agar tidak terjebak dalam perilaku konsumtif. ***** This study aims to analyze the influence of economic literacy, social media, and digital payments on students’ consumptive behavior partially. This study uses a quantitative approach with multiple linear regression analysis techniques. The sample in this study amounted to 279 students of the Faculty of Economics and Business (FEB) class of 2021, State University of Jakarta, selected through purposive sampling technique. The results of the analysis show that: (1) Economic Literacy has a significant effect on the Consumptive Behavior of FEB UNJ Students class of 2021. (2) Social Media has a significant effect on the Consumptive Behavior of FEB UNJ Students in the Class of 2021. (3) Digital Payments has a significant effect on the Consumptive Behavior of FEB UNJ Students class of 2021. These findings emphasize the importance of increasing economic literacy among students to form wiser consumption behavior, as well as the need for awareness in using digital technology to avoid being trapped in consumptive behavior.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd ; 2). Siti Fatimah Zahra, S.E.I., M.E |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi Manajemen > Manajemen Pemasaran Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Shafa Dea Adristi . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:50 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |