PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA SHOPEE PAY LATER: PERAN MODERASI KONTROL DIRI PADA GENERASI Z

AVIVI HILWANA. A, . (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA SHOPEE PAY LATER: PERAN MODERASI KONTROL DIRI PADA GENERASI Z. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (525kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan layanan keuangan berbasis teknologi telah memengaruhi pola konsumsi masyarakat, terutama Generasi Z. Salah satu inovasi yang banyak digunakan adalah layanan PayLater, memungkinkan bagi pengguna membeli barang dahulu, lalu membayarnya di masa depan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh literasi keuangan dan gaya hidup mampu memberikan pengaruh terhahadap perilaku konsumtif pengguna Shopee PayLater, yang mempertimbangkan peran moderasi kontrol diri. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif, menyalurkan kuesioner secara luas melalui media online dengan Generasi Z sebagai responden yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, dan jumlah yang diharapkan sebanyak 224. Analisis diolah dengan konsep Structural Equation Modeling dengan pendekatan Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil pada uji gaya hidup menunjukan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (t = 3.768; p = 0.000), hasil pada uji antara literasi keuangan dan kontrol diri justru menunjukkan pengaruh negatif yang signifikan (t = 3.383 dan 3.746; p = 0.001 dan 0.000). Selanjutnya, kontrol diri terbukti dapat memperlemah hubungan yang terjadi pada literasi keuangan serta gaya hidup terhadap perilaku konsumtif (t = 2.602 dan 2.447; p = 0.009 dan 0.014). Maka seluruh hipotesis dinyatakan diterima, yang menggarisbawahi akan adanya dampak besar dari penguatan kontrol diri dan peningkatan literasi keuangan sebagai strategi untuk menekan Sikap konsumtif pada kelompok umur Generasi Z. Dan dapat diharapkan hasil ini dijadikan sebagai sebuah acuan bagi penyedia layanan PayLater dalam mengembangkan fitur edukasi dan sistem manajemen pola belanja yang lebih rasional dan selaras dengan perilaku generasi muda. Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Kontrol Diri, Shopee Paylater ***** The development of technology-based financial services has influenced consumer behavior, especially among Generation Z. One increasingly popular service is the PayLater feature, which allows purchases with deferred payment. This phenomenon raises concerns about the rise of consumptive behavior, particularly among younger individuals who tend to have a consumptive lifestyle and varying levels of financial literacy. This study aims to analyze the effect of Financial Literacy and Lifestyle on the Consumptive Behavior of Shopee PayLater users, with Self-Control as a moderating variable. This research uses a quantitative approach with an online survey involving 224 Generation Z respondents in the Greater Jakarta area (Jabodetabek) and is analyzed using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (SEM-PLS). The results show that Lifestyle has a positive and significant effect on Consumptive Behavior (t = 3.768; p = 0.000). Meanwhile, Financial Literacy and Self-Control have negative and significant effects (t = 3.383 and 3.746; p = 0.001 and 0.000). The interaction effect of Self-Control also significantly weakens the influence of both Financial Literacy and Lifestyle on Consumptive Behavior (t = 2.602 and 2.447; p = 0.009 and 0.014). All hypotheses are supported. These findings highlight the importance of improving self-control and financial literacy to reduce consumptive behavior. They also serve as a practical foundation for PayLater service providers to integrate educational and consumption control features tailored to the characteristics of Generation Z. Keywords : Consumptive Behavior, Financial Literacy, Lifestyle, Self-Control, Shopee PayLater.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Umi Widyastuti, SE, M.E ; 2). Diena Noviarini, M.M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Bisnis Digital
Depositing User: Users 30393 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2025 08:12
Last Modified: 13 Aug 2025 08:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60212

Actions (login required)

View Item View Item