PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA SMA (STUDI PADA JOHN PAUL’S SCHOOL)

PANDAN MENTARI UTAMI SEPTYANINGSIH, . (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA SMA (STUDI PADA JOHN PAUL’S SCHOOL). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover dan Daftar Isi 1.pdf

Download (505kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka-1-5.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy

Abstract

Pola konsumsi remaja saat ini menunjukkan kecenderungan yang semakin konsumtif, terutama di tengah perkembangan dunia digital yang mempermudah akses terhadap informasi dan layanan keuangan. Remaja sering kali terpapar berbagai bentuk promosi melalui media sosial dan platform belanja daring yang mendorong mereka melakukan pembelian tanpa pertimbangan rasional. Kemudahan transaksi dan pengaruh lingkungan digital menjadikan mereka kelompok yang rentan untuk terjebak dalam perilaku konsumtif, terlebih ketika belum memiliki kecakapan finansial yang memadai serta kemampuan untuk mengontrol dorongan pribadi. Kondisi ini menimbulkan keperluan agar bisa tahu apa saja yang menjadi kebutuhan sehingga bisa memberikan dampak kecenderungan konsumtif tersebut, terutama dari aspek literasi keuangan dan kemampuan mengendalikan diri. Dilaksanakannya analisa ini dilandaskan pada tujuan agar bisa faham dan tahu tekait jauh tidaknya literasi terkait keuangan serta kontrol atau kendali diri yang memberikan dampak pada perilaku konsumtif. di kalangan siswa SMA. Dalam upaya menjawab pertanyaan tersebut, digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Responden yang dilibatkan adalah siswa kelas X dari John Paul’s School. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa baik literasi keuangan maupun pengendalian diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hubungan ini terbukti secara parsial maupun secara bersama-sama, yang berarti kedua variabel tersebut dapat menjelaskan sebagian besar variasi dalam perilaku konsumtif siswa. Temuan ini sejalan dengan teori yang menyatakan bahwa pengelolaan keuangan yang baik dan kontrol terhadap impuls emosional dapat menekan kecenderungan seseorang untuk melakukan konsumsi berlebihan. Oleh karena itu, upaya meningkatkan pengetahuan keuangan serta pembentukan karakter yang berorientasi pada pengendalian diri menjadi hal yang penting untuk dikembangkan di lingkungan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif siswa tidak dapat dilepaskan dari seberapa baik mereka memahami konsep literasi keuangan dan seberapa besar kemampuan mereka dalam mengatur dorongan konsumtif ****** Adolescent consumption patterns today reflect an increasing tendency toward consumerism, particularly in the context of digital advancements that make access to information and financial services more convenient. Teenagers are frequently exposed to various forms of advertising on social media and online shopping platforms, which often drive them to make purchases without rational consideration. The ease of online transactions, combined with the influence of the digital environment, places adolescents in a vulnerable position, especially when they lack sufficient financial skills and the ability to regulate their impulses. This situation creates a need to explore the factors that may contribute to such consumerist behavior, particularly from the perspective of financial literacy and self-control. This study was conducted to examine the extent to which financial literacy and self-control influence consumer behavior among high school students. To address this research question, a quantitative approach was employed using a survey method. The respondents consisted of tenth-grade students from John Paul’s School. Based on the results of the data analysis, it was found that both financial literacy and self-control have a significant effect on consumer behavior. These relationships were confirmed both individually and jointly, indicating that these two variables account for a substantial portion of the variation in students’ consumer tendencies. These findings support the theory that effective financial management and the ability to control emotional impulses can reduce excessive consumption behaviors. Therefore, efforts to enhance financial knowledge and develop self-regulation as part of character education are crucial elements that should be prioritized within school environments. In conclusion, this study demonstrates that students’ consumer behavior is closely linked to their level of financial literacy and their ability to manage impulsive desires

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Roni Faslah, S.Pd., M.M. ; 2). Dewi Nurmalasari, S.Pd., M.M.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pandan Mentari Utami Septyaningsih .
Date Deposited: 19 Aug 2025 00:20
Last Modified: 19 Aug 2025 00:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60794

Actions (login required)

View Item View Item