PENGARUH SOCIAL INFLUENCE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE K-POP DI SHOPEE PADA DEWASA AWAL

MUHAMMAD ADAM WADJAUDJE, . (2025) PENGARUH SOCIAL INFLUENCE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE K-POP DI SHOPEE PADA DEWASA AWAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (940kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social influence dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian merchandise K-Pop di Shopee pada dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebat melalui Google Form. Teknik sampling menggunakan purposive sampling yang mendapatkan 167 responden. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara parsial, social influence tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian merchandise K-Pop di Shopee, akan tetapi dengan electronic word of mouth (e-WOM) berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian merchandise K-Pop di Shopee. Secara simultan, social influence dan e-WOM berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian merchandise K-Pop di Shopee pada dewasa awal dengan nilai koefisien determinasi sebesar 33,7%. Penelitian ini berimplikasi bahwa pengaruh sosial dan electronic word of mouth (e-WOM) menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis merchandise K-Pop dalam merumuskan strategi pemasaran di platform e-commerce.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Ratna Dyah Suryaratri, Ph.D 2. Muhammad Ikbal Wahyu Sukron, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Muhammad Adam Wadjaudje .
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:00
Last Modified: 21 Aug 2025 04:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61798

Actions (login required)

View Item View Item