PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SD NEGERI LEBAK WANGI, BOGOR

ADE WIKIANTI, . (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SD NEGERI LEBAK WANGI, BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Ade_Bab 0 dll.pdf

Download (634kB)
[img] Text
2. Ade_BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
3. Ade_BAB II.pdf

Download (220kB)
[img] Text
4. Ade_BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
5. Ade_BAB IV.pdf

Download (196kB)
[img] Text
6. Ade_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
7. Ade_Lampiran.pdf

Download (890kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran servis bawah bola voli mini melalui variasi media bola. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Lebak Wangi Bogor, dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2017/2018. Pelaksanaan penelitian selama 4 minggu, dimulai pada minggu ke 2 tanggal 7-28 November 2017, dilaksanakan sebanyak 4 (empat) kali pertemuan, metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pengambilan data kuantitatif. Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan I memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa masih belum paham tentang konsep servis bawah bola voli. 2) siswa belum dapat melakukan tahap persiapan sikap kaki dengan sempurna yaitu dikarenakan kedua kaki tidak dalam posisi melangkah berat badan tidak terbagi seimbang, posisi tangan tidak berada dibawah bola. 3) siswa belum dapat melakukan gerak perkenaan dengan bola dikarenakan bola dilempar terlalu tinggi dan terlalu kebelakang, bola tidak dipukul dengan telapak tangan mengepal. 4). Siswa belum dapat melaksanakan gerakan akhir dengan sempurna dikarenakan siswa setelah memukul bola tidak dikuti posisi siap untuk melangkah masuk kedalam lapangan. 5). Siswa sudah menunjukan sikap yang positif khususnya motivasi dan keberanian yang meningkat. Kegiatan siklus II yang direalisasikan melalui tindakan II memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa paham akan konsep servis bawah bola voli. 2) siswa dapat melakukan tahapan servis bawah bola voli. 3) motivasi dan keberanian siswa meningkat saat mengikuti pembelajaran. Standar ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh sekolah SD Negeri 02 Petang Jakarta Utara untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani adalah 70 (tujuh puluh). Perubahan dan peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran servis bawah bola voli mini variasi media bola dapat dilihat pada hasil penilaian proses dan final tes servis bawah bola voli mini. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada tes awal dinyatakan tuntas sejumlah 12 siswa (34,3%) dan pada tes akhir sejumlah 35 siswa (100%)., maka terdapat peningkatan sebesar 65,7%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variasi media bola dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli mini di SD Negeri 02 Petang Jakarta Utara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Samsudin, M.Pd 2) Drs. Iwan Setiawan, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Oct 2019 10:42
Last Modified: 03 Oct 2019 10:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item