YOLANDA LAHAGHARI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Children Learning In Science (CLIS) PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1.pdf Download (112kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (442kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (105kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR GRAFIK.pdf Download (110kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (87kB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (209kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR .pdf Download (163kB) |
|
Text
Lampiran 1 RPP SIKLUS 1 (PERTEMUAN 1).pdf Download (258kB) |
|
Text
Lampiran 2 RPP SIKLUS 1 (2).pdf Download (262kB) |
|
Text
Lampiran 3 RPP SIKLUS II (1).pdf Download (238kB) |
|
Text
Lampiran 4 RPP SIKLUS II (2).pdf Download (271kB) |
|
Text
Surat Keterangan Penelitian.pdf Download (288kB) |
|
Text
Surat Keterangan Validasi.pdf Download (88kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (264kB) |
Abstract
Peneliti tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science pada Siswa Kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Waktu peneliti dilaksankan mulai bulan November sampai dengan bulan Desember 2016 semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA melalui model pembelajaran Children Learning In Science terhadap siswa kelas IV tentang benda dan sifatnya. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil evaluasi membuktikan, setelah dilakukan tindakan pada siklus I pemahaman konsep IPA baru mencapai 54,17% dari jumlah 24 orang siswa sebanyak 13 siswa yang mencapai skor > 70. Sedangkan pada siklus II mencapai 87,50% dari jumlah 24 siswa sebanyak 21 siswa yang sudah mencapai skor hasil belajar > 70. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA tentang benda dan sifatnya di kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Implikasi hasil penelitian adalah bahwa jika dalam prosees pembelajaran IPA di kelas diterapkan model pembelajaran Children Learning In Science maka pemahaman konsep siswa akan meningkat. Kata kunci: Pemahaman Konsep IPA, Model Pembelajaran CLIS, Kelas IV SD
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd., 2). Dra. Julius Sagita, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 03:39 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 03:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21463 |
Actions (login required)
View Item |