EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN KESELURUHAN DENGAN BAGIAN PERBAGIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI PADA SISWA SMK NEGERI 1 CIKARANG BARAT

RIYAN WISNU SUNARYA, . (2015) EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN KESELURUHAN DENGAN BAGIAN PERBAGIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI PADA SISWA SMK NEGERI 1 CIKARANG BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. RINGKASAN DAN KATPENG.pdf

Download (852kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (740kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (23kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (115kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN DATA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf

Download (0B)
[img] Text
10. BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN FOTO.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. RPP.pdf

Download (209kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara metode pembelajaran keseluruhan dengan metode bagian perbagian terhadap hasil belajar smash bola voli pada siswa SMK Negeri 1 Cikarang Barat. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan bola voli SMK Negeri 1 Cikarang Barat, Jalan Teuku Umar No 1 Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Penelitian dimulai pada tanggal 03 Desember 2014 sampai tanggal 10 Januari 2015 sudah termasuk dengan tes awal dan tes akhir dan jadwal pembelajaran setiap hari rabu pukul 07.00WIB. Penelitian ini dilakukan 1 kali pertemuan dalam 1 minggu. Total pertemuan pembelajaran berjumlah 4 kali pertemuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 TGA SMK Negeri 1 Cikarang Barat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Sampel kemudian diberikan tes awal smash. Hasil tes kemudian diurutkan berdasarkan peringkat tertinggi sampai peringkat terendah. Kemudian diundi dengan teknik random sampling atau pengundian secara acak dan kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Dari hasil undian tersebut diperoleh keputusan bahwa kelompok ganjil yang terdiri atas 10 siswa menggunakan metode pembelajaran keseluruhan dan kelompok genap yang terdiri atas 10 siswa menggunakan metode pembelajaran bagian perbagian. Setelah pembagian kelompok tersebut maka diberikan perlakuan sebanyak 4 kali pertemuan dan setelah itu diadakan tes akhir. Instrumen tes yang digunakan adalah smash test dengan reliabilitas sebesar 0,93. ii Teknik Analisa Data yang digunakan adalah analisa data uji “T” dimulai dengan menghitung nilai t untuk dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikan = 0.05. Data yang diperoleh dari tes awal dan tes akhir di uji dengan uji-t pada taraf signifikan = 0.05 adalah sebagai berikut: kelompok yang diberikan metode pembelajaran keseluruhan memperoleh rata-rata 15,5. Nilai standar deviasi dari defference 15,9, nilai standar error dari mean difference 5,3 dan nilai t hitung 4,42. Kelompok yang diberikan metode pembelajaran bagian perbagian memperoleh rata-rata 10,1. Nilai standar deviasi dari defference 10,2 nilai standar error dari mean difference 3,4 dan nilai t hitung 2,97. Kedua kelompok ini memperoleh nilai standar deviasi dari metode pembelajaran keseluruhan 3,1 dan metode pembelajaran bagian perbagian 1,7. Nilai standar error perbedaan mean 1,2, t hitung 3,6 dan nilai t tabel 2,10 dengan taraf signifikan = 0.05 sehingga t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian t hitung > t tabel yang berarti Ho ditolak, sehingga kesimpulan akhir yang diperoleh melalui penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran keseluruhan lebih efektif dari pada metode pembelajaran bagian perbagian terhadap peningkatan hasil belajar smash bola voli pada siswa SMK Negeri 1 Cikarang Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. H. Samsudin, M.Pd 2) Del Asri, S.Si, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:31
Last Modified: 16 Jun 2022 03:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30389

Actions (login required)

View Item View Item