PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS TEMATIK TERPADU PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL AZHAR 13 RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR

SARI HIDAYATI, . (2015) PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS TEMATIK TERPADU PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL AZHAR 13 RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK BINDO.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSRACT INGGRIS.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (26kB)
[img] Text
MOTTO.pdf

Download (41kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (9kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Siswa melalui Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun Jakarta Timur. Penelitian ini diadakan di SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun Jakarta Timur. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester 1 tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi dan melakukan wawancara, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik terpadu pada siklus I adalah 72%, dan siklus II 85%. Adapun skor rata-rata kecerdasan interpersonal siswa pada siklus I adalah 88,87 dan siklus II 104,5 dari skor secara teoretis berkisar antara 30-120. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun Jakarta Timur dapat ditingkatkan melalui pembelajaran tematik terpadu pada pembelajaran PPKn. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa melalui pembelajaran tematik terpadu merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di kelas IV SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun Jakarta Timur. The purpose of this study was to Improved Student Interpersonal Intelligence through Integrated Thematic Learning In Pancasila and Citizenship Education Study (PPKn) in SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun East Jakarta. This study was conducted in SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun East Jakarta. The subjects of this study were fourth grade students in the 1st half of the school year 2014/2015, amounting to 30 people. This research method is a class action research using the spiral model/cycle of Stephen Kemmis and Mc. Taggart with two-stage cycle of planning, implementation/action, observation and reflection. Techniques of data collection through observation/observation and interviews, as well as data collection by using documentation/photos taken during the learning process. The results show that the data obtained from the learning process by using an integrated thematic approach in the first cycle is 72%, and 85% the second cycle. The average scores of students interpersonal intelligence in the first cycle was 88,87 and the second cycle of scores 104.5 theoretically ranges from 30-120. From the results of this study concluded that interpersonal intelligence fourth grade students of SD Islami Al Azhar 13 Rawamangun East Jakarta can be improved through an integrated thematic learning on learning PPKn. The implication of this study is that through integrated thematic learning is one instructional approach that can improve interpersonal intelligence grade students in class IV SD Islami Al Azhar 13 Rawamangun East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd 2) Drs. Otib Satibi Hidayat, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:10
Last Modified: 29 Jun 2022 03:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30980

Actions (login required)

View Item View Item