Pengaruh Tipe Kepribadian (Introvert dan Extrovert) Terhadap Keterampilan Menyimak Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta

FATIMAH ZAHRA, . (2019) Pengaruh Tipe Kepribadian (Introvert dan Extrovert) Terhadap Keterampilan Menyimak Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER dll.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian terhadap keterampilan menyimak. Tempat dilaksanakannya penelitian ini adalah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dimulai dari bulan Februari hingga Juni tahun akademik 2018-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa. Peneliti menggunakan metode ex post facto dengan instrument penelitian Eysenck Personality Inventory (EPI) dan hasil belajar dalam keterampilan menyimak mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab 2018. Data dianalisis menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tdiperoleh (4,978) lebih besar dari t tabel (1,994) dengan derajat kebebasan (df) (78) dan nilai signifikan (0,000) lebih kecil dari 0,05. Ini menunjukkan adanya perbedaan hasil keterampilan istima antara mahasiswa dengan kepribadian introvert dan mahasiswan dengan kepribadian ekstrovert. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh tipe kepribadian (introvert dan ekstrovert) pada keterampilan menyimak mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. ******** The purpose of this research is to determine the influence of personality types on listening skills. The place for this research is Arabic Language Education Department, Jakarta State University. This research began from February to June of 2018-2019 academic year. The population in this research were all students of the Arabic Language Education Department Jakarta State University class of 2018. The sample in this research was 80 students. Researcher used the ex post facto method with Eysenck Personality Inventory (EPI) and learning results in listening skills students of Arabic language education department 2018 as the research instruments. Data were analyzed using Linear Regression Test and Pearson Product Moment. The results showed that the t-obtained (4,978) was higher than t table (1,994) with degree of freedom (df) (78) and that the significant value (0,000) was smaller than 0.05. This shows a different results in listening skill between students with introverted personality and students with extroverted personality. Based on the results of the study, the researcher concluded that there was an influence of personality types (introverted and extroverted) on the listening skills students of Arabic Education Department Jakarta State University

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. M Aziz Ritonga, M.A. ; 2). Dr. Siti Jubaidah, M.A.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:23
Last Modified: 26 Aug 2022 01:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33345

Actions (login required)

View Item View Item