MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E DI KELAS V SDN MAMPANG PRAPATAN 05 JAKARTA SELATAN

USWATUN HASANAH, . (2018) MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E DI KELAS V SDN MAMPANG PRAPATAN 05 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (367kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETJUAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1. RPP SIKLUS I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2. MATERI SIKLUS I.pdf

Download (41kB)
[img] Text
LAMPIRAN 5. NILAI ANGKET SIKLUS I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
LAMPIRAN 7. CATATAN LAPANGAN SIKLUS I PERTEMUAN 1.pdf

Download (70kB)
[img] Text
LAMPIRAN 8. Catatan Lapangan SIKLUS I PERTEMUAN II.pdf

Download (72kB)
[img] Text
LAMPIRAN 9. RPP SIKLUS II.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN 10. MATERI SIKLUS II.pdf

Download (25kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas V SDN Mampang Prapatan 05 Jakarta Selatan, yang berlokasi di jalan Kapten Tendean Gang Kamboja Np. 44 RT/RW 003/02 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN Mampang Prapatan 05 Jakarta Selatan yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 18 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester II, yakni tahun ajaran 2017/2018 tepatnya pada bulan April 2018. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, yang di setiap siklus nya terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus I, hasil data kuesioner kecerdasan interpersonal siswa dengan presentase 72,42%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89,65%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan model siklus belajar (learning cycle) 5e dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas V SDN Mampang Prapatan 05 Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd 2) Drs. Satrio, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Feb 2020 11:27
Last Modified: 20 Feb 2020 11:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3643

Actions (login required)

View Item View Item