PENGARUH TEKNIK PENINGKATAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI SDIT IBNU SINA DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

LUTHFIA NANDA PRASASTI, . (2010) PENGARUH TEKNIK PENINGKATAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI SDIT IBNU SINA DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
ABSTRAK B.Indo.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Bab V naNdHaa.pdf

Download (206kB)
[img] Text
4949~1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
COVER_BI nanda.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (193kB)
[img] Text
lembar pengesahan B.Ind.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Bab II NandHaa.pdf

Download (530kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah IBNU SINA Duren Sawit Jakarta Timur Pada semester I Tahun ajaran 2010-2011, yang dimulai sejak bulan November hingga bulan Desember 2010 dengan tujuan untuk mengetahui teknik peningkatan motivasi terhadap hasil belajar bahasa Arab di sekolah SDIT IBNU SINA Duren Sawit Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah siswa madrasah Ibtida’iyah Ibnu Sina Jakarta Timur dan sampelnya adalah siswa kelas V sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa untuk kelas kontrol dan 20 siswa untuk kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposif , yaitu sampel yang didasarkan atas pertimbangan seperti keterbatasan waktu, tenaga dan biaya sehingga tidak mengambil sampel yang besar. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar adalah tes akhir yang berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi = 0,05. Uji-t ini dilakukan setelah melakukan beberapa tes seperti uji homogenitas dan uji normalitas, setelah itu baru diperoleh hasil dari uji-t. setelah dilakukan beberapa tes maka nilai t hitung yang diperoleh adalah (11,070) sedangkan nilai t tabel adalah (2,04) untuk derajat kebebasan (dk=38) Karena t hitung yang diperoleh lebih besar dari harga t tabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh motivasi terhadap hasil belajar Bahasa Arab terhadap siswa. Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar Bahasa Arab antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan “motivasi belajar” lebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang diajarkan tanpa menggunakan “motivasi”. Dengan menggunakan motivasi siswa lebih tertarik untuk belajar Bahasa Arab. Antara lain dengan berkompetisi antar siswa, memberikan hadiah dan hukuman, memberikan nilai,memberikan semangat belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hazmida Kahar, M. Pd ; 2). Drs. Ramdoni, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2022 05:58
Last Modified: 29 Sep 2022 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36510

Actions (login required)

View Item View Item