HUBUNGAN ANTARA SIKAP MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH QIRA’AH DAN PEMAHAMAN BACAAN PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SITI MASITHA, . (2012) HUBUNGAN ANTARA SIKAP MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH QIRA’AH DAN PEMAHAMAN BACAAN PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI SITA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR ISI1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
REVISI~1.PDF

Download (210kB)
[img] Text
CDGN(B~1.PDF

Download (539kB)
[img] Text
CDGN~1.PDF

Download (607kB)
[img] Text
4D673~1.PDF

Download (666kB)
[img] Text
81E9~1.PDF

Download (385kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap mahasiswa terhadap mata kuliah qira’ah dengan pemahaman bacaan bahasa arab pada mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Bahasa dan sastra Arab di Universitas Negeri Jakarta. Adapun sampelnya adalah mahasiswa tingkat ke 3 semester 6 sebanyak 20 orang. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak sederhana (Random Sampling). Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pemahaman bacaan bahasa arab adalah test yang berjumlah 24 soal pertanyaan, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui sikap adalah angket yang berjumlah 24 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisi regresi dan korelasi. Sebelum itu, dilakukan uji persyaratan analisis yang mencakup Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang Homogen karena 2-hitung 4,85 < 2-tabel 11,07, Uji Normalitas yang memiliki data berdsitribusi normal dengan hasil Lhitung 0,203 < Ltabel 0,231, dan Uji Linearitas dinyatakan regresi linear karena Fhitung 2,870 < Ftabel 4,64, dan regresi dinyatakan signifikan karena Fhitung 16,577 > Ftabel 4,41. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh persamaan regresi Ŷ = 9.30 + 0.19X, dan koefisien korelasi sebesar 0,4788, kemudian thitung yang didapat dengan menggunakan uji-t sebesar 4,07, lebih besar dari ttabel yaitu 2,88 dengan demikian terhadap hubungan yang signifikan antara sikap terhadap mata kuliah qira ’ah dan pemahaman bacaan bahasa arab. Oleh karena itu, maka setiap mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta harus mampu meningkatkan sikapnya, karena semakin tinggi sikap yang dimiliki, maka semakin tinggi pemahaman bacaan bahasa arab yang dicapai. Sikap mahasiswa itu muncul karena adanya kesiapan dan kemauan dalam diri mereka, sehingga sikap mereka terhadap mata kuliah qira’ah pun meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 21 Oct 2019 16:08
Last Modified: 21 Oct 2019 16:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item