ULFA AMALIA, . (2020) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MAN 2 KOTA BEKASI (STUDI ETNOGRAFI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (849kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (712kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
ULFA AMALIA, “Pembelajaran Bahasa Arab dalam kegiatan Ekstrakurikuler di MAN 2 Kota Bekasi”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Januari 2020. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pembelajaran ekstrakurikuler bahasa Arab di MAN 2 Kota Bekask. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Kota Bekasi yang beralamat di Jalan Bojong Asih V Perumahan Taman Narogong Indah, Rawa lumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat 17116. Penelitian dimulai dari tanggal 23 September 2019 - 21 Januari 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler bahasa Arab di MAN 2 Bekasi berjalan dengan baik dan positif, baik dari segi kegiatan, materi pembelajaran, metode pembelajaran, maupun kegiatan hasil belajar. Pelatih Bahasa Arab merupakan alumni dari Universitas Negeri Jakarta dan beliau juga mendapatkan beasiswa Arabic for Non Native Speaker dan beliau telah memiliki pengalaman dalam pembelajaran Bahasa Arab. Kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Arab ini memiliki beberapa kegiatan, yang terdiri dari diskusi soal olimpiade Bahasa Arab, pembelajaran khat, berlatih berdialog, pidato dan cerita, memasak khas timur tengah dan membuat festival bulan bahasa yang sedang direncanakan. Adapun materi pembelajaran bersumber materi Pendidikan yang digunakan dalam pengajaran Bahasa arab di ekstrakurikuler Bahasa arab menggunakan Al-Arabiyyah Baina Yadaik karya Dr. Abdurrahman Bin Ibrahim, Dr. Mukhtar Ath-Thahir Husain, dan Dr. Muhammad ‘Abdul Khalig Muhammad Fadul yang diterbitkan oleh muassasah al-Waqf al-Islami Riyadh Saudi Arabia yang dilindungi undang-undang, soal-soal olimpiade bahasa arab dan beberapa materi dialog melalui Youtube. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode sam'iyah syafahiyyah, metode qira'ah untuk pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler bahasa Arab. Sedangkan hasil belajar siswa mendapatkan nilai diatas rata-rata, tidak hanya nilai, siswa yang mengikuti dalam kegiatan ekstrakurikuler Arab juga berpartisipasi dalam kompetisi dan memenangkan perlombaan. Semua ini berasal dari ketekunan siswa, motivasi dan dukungan dari guru dan sekolah. ULFA AMALIA, "Learning Arabic in Arabic Extracurricular Activities MAN 2 Bekasi City". Thesis. Jakarta: Faculty of Arabic Language Study Program Languages and Art Jakarta State University, January 2020. This study aims to obtain a clear description of Arabic extracurricular learning at MAN 2 Bekasi City. This research uses qualitative descriptive method with data collection techniques through observation, interview, and documentation. This research was conducted at MAN 2 Bekasi City with its address on Jalan Bojong Asih V Housing Taman Narogong Indah, Rawa lumbu, Bekasi City, West Java 17116. The research begun with 23 September 2019 - 21 January 2020. The results of this study indicate that Arabic extracurricular learning at MAN 2 Bekasi City is going well and positively, both in terms of activities, learning materials, learning methods, and learning outcomes activities. Arabic trainer is an alumni of State University of Jakarta and he also received an Arabic for Non Native Speaker scholarship and he has experience in learning Arabic.This Arabic extracurricular activity has a number of activities, which consist of discussions about the Arabic olympiad, learning khat, practicing dialogue, speeches and stories, cooking typical Middle East and making a language month festival being planned. The learning material comes from Educational material used in teaching Arabic in the Arabic language extracurricular using Al-Arabiyyah Baina Yadaik by Dr. Abdurrahman Bin Ibrahim, Dr. Mukhtar Ath-Thahir Husain, and Dr. Muhammad ‘Abdul Khalig Muhammad Fadul published by muassasah al-Waqf al-Islami in Riyadh Saudi Arabia which is protected by law, a collection of exercises about the Arabic language olympics and some dialogue material via Youtube. The method used in learning is the syafahiyyah sam'iyah method, the qira'ah method for learning Arabic extracurricular activities. While student learning outcomes get above average scores, not only grades, students who take part in Arab extracurricular activities also participate in competitions and win races. All of this stems from students' perseverance, motivation and support from teachers and schools
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd 2. Ahmad Marzuq, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 1886 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2020 15:50 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 15:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5379 |
Actions (login required)
View Item |