PENGARUH PEMBERIAN LATIHAN YANG BERMACAM MACAM TERHADAP HASIL BELAJAR TATA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 83 JAKARTA

HENDI SETIAWAN, . (2014) PENGARUH PEMBERIAN LATIHAN YANG BERMACAM MACAM TERHADAP HASIL BELAJAR TATA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 83 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER DEPAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB)
[img] Text
lembaran pemberkasan.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 83 Jakarta, pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014, yang dimulai sejak bulan April 2014 hingga biulan Mei 2014 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian latihan yang bermacammacam dalam meningkatkan hasil belajar tata bahasa arab di SMAN 83 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah siswa SMAN 83 Jakarta dengan sampelnya adalah siswa kelas XI sebanyak 68 siswa, yang teradiri dari 34 siswa untuk kelas kontrol dan 34 siswa untuk kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk pilihan ganda dengan teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi = 0,05. Uji-t ini dilakukan setelah melakukan Uji Normalitas dengan L hitung terbesar = 1,119 untuk kelas kontrol dan L hitung terbesar = 0,139 dengan demikian data dari kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan Uji Homogentias dengan nilai =2,211, Maka kemudian diperoleh hasil dari Uji-t. Setelah dilakukan tes maka nilai t hitung yang diperoleh adalah 0,245. Sedangkan t tabel adalah 1,67 untuk derajat kebebasan (dk = 66). Karena harga t hitung lebih kecil dari t tabel, maka hipotesis nol (H) diterima dan hipotesis penelitian (H) ditolak. Penelitian ini menunjukan siswa yang diberikan latihan soal yang bermacam-macam tidak lebih tinggi hasil belajar tata bahasa arabnya dibandingakan dengan siswa yang tidak diberikan latihan yang bermacam-macam. Hal tersebut terjadi karena siswa baru mencapai tahap mengenal atau tahap dasar belajar bahasa arab dan banyak siswa yang merupakan non muslim sehingga motivasi belajarnya rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mohamad Sarip, M.A. ; 2). Samsi Setiadi, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 30 Oct 2019 15:43
Last Modified: 30 Oct 2019 15:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/870

Actions (login required)

View Item View Item