JULFARLIAN BAGUS, . (2016) PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL BERUPA KOMUNIKASI SECARA EFEKTIF DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Microsoft Word - 1 JUDUL.pdf Download (125kB) |
|
Text
Microsoft Word - 1 LEMBAR PErsetujuan.pdf Download (3kB) |
|
Text
Microsoft Word - 2 ABSTRAK BINDO.pdf Download (11kB) |
|
Text
Microsoft Word - 3 ABSTRACK INGLIS.pdf Download (4kB) |
|
Text
Microsoft Word - 4 SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (10kB) |
|
Text
Microsoft Word - 7 KATA PENGANTAR.pdf Download (11kB) |
|
Text
Microsoft Word - 8 Daftar Isi.pdf Download (18kB) |
|
Text
Microsoft Word - BAB I.pdf Download (25kB) |
|
Text
Microsoft Word - BAB II.pdf Download (448kB) |
|
Text
Microsoft Word - BAB III.pdf Download (62kB) |
|
Text
Microsoft Word - BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
Microsoft Word - BAB V.pdf Download (21kB) |
|
Text
Microsoft Word - DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (65kB) |
|
Text
Microsoft Word - Gabungan Lampiran.pdf Download (151kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kecerdasan interpersonal berupa komunikasi secara efektif siswa dalam pendidikan kewarganegaraan (PKn) melalui pembelajaran tematik pada kelas III SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur. Penelitian ini diadakan di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III pada semester II tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi dan melakukan wawancara, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik pada siklus I adalah 73.91%, dan siklus II 91% dapat disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal berupa komunikasi secara efektif siswa kelas III SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur dapat ditingkat dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) melalui pembelajaran Tematik. Adapun hasil pengamatan guru dan siswa dalam penelitian ini terdapat pada siklus I yaitu 60% dan pada siklus II mendapatkan hasil 81%. Maka dapat disimpulkan dalam penelitian ini dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd ; 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 08 Nov 2019 10:48 |
Last Modified: | 08 Nov 2019 10:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1294 |
Actions (login required)
View Item |