Auliya Safitri, . (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DENGAN MENGGUNAKAN FLIPCHART UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK (penelitian dan pengembangan model ADDIE Pada peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
LEMBAR JUDUL.pdf Download (204kB) |
||
|
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.jpg Download (380kB) | Preview |
|
Text
LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (320kB) |
||
Text
BAB. I.pdf Download (227kB) |
||
Text
BAB. II.pdf Download (540kB) |
||
Text
BAB. III.pdf Download (374kB) |
||
Text
BAB. IV.pdf Download (731kB) |
||
Text
BAB. V.pdf Download (198kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
||
Text
DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (721kB) |
||
Text
DAFTAR LAMPIRAN DATA 2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran visual dengan menggunakan flipchart untuk meningkatkan motivasi berprestasi melalui layanan bimbingan kelompok peserta didik kelas X di SMAN 11 Jakarta. Peneliti menggunakan teknik cluster sampling dengan memilih 6 kelas dengan jumlah populasi dan sampel secara keseluruhan yaitu 198 peserta didik kelas X. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode pengembangan Research and Development (RnD) menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Adapun tahapan model pengembangan yang dilakukan adalah analisis, desain, dan pengembangan. Alat pengumpul data berupa angket dan wawancara. Penilaian media dilakukan oleh validator yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan peserta didik. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa hasil evaluasi formatif yang dilakukan oleh ahli media 95%, penilaian ahli materi 98%, dan penilaian peserta didik mencapai 95%. Hasil media pembelajaran visual dengan menggunakan flipchart untuk meningkatkan motivasi berprestasi melalui layanan bimbingan kelompok pada 10 peserta didik kelas X di SMAN 11 Jakarta yaitu 100% peserta didik atau seluruhnya mengetahui motivasi berprestasi dan 100% peserta didik atau seluruhnya menyatakan media flipchart adalah media yang mampu menyajikan pembelajaran secara ringkas dan praktis. Media pembelajaran visual dengan menggunakan flipchart untuk meningkatkan motivasi berprestasi melalui layanan bimbingan kelompok peserta didik kelas X di SMAN 11 Jakarta dikategoriikan sangat baik untuk menjadi media pembelajaran yang cocok untuk peserta didik yang memiliki gaya belajar visual.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd., Kons |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 11:42 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 11:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1793 |
Actions (login required)
View Item |