Hubungan Antara Kegiatan Berbahasa dan Pemerolehan Kosakata Arab di Pondok Pesantren Jam’iyyah Islamiyyah Tangerang

Nanda Triwahyuni, . (2016) Hubungan Antara Kegiatan Berbahasa dan Pemerolehan Kosakata Arab di Pondok Pesantren Jam’iyyah Islamiyyah Tangerang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (300kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (402kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (98kB)
[img] Text
halaman depan 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kegiatan berbahasa dan pemerolehan kosakata Arab di Pondok Pesantren Jam’iyyah Islamiyyah Tangerang . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2015 sampai Januari 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pondok pesantren Jam’iyyah Islamiyyah Tangerang. Adapun sampelnya adalah siswa kelas 2 aliyah sebanyak 25 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pemerolehan kosakata Arab adalah tes yang berjumlah 25 soal pertanyaan, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui kegiatan berbahasa adalah angket yang berjumlah 20 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi dan korelasi. Sebelum itu, dilakukan uji persyaratan analisis yang mencakup Uji Normalitas dengan hasil variabel X di dapat L0hitung = 0,120 dan variabel Y di dapat L0hitung = 0,132 dengan n = 25 dan taraf ά = 0,05 dari didapat Ltabel = 0,173 yang L0 < Ltabel maka hipotesis nol ditolak dan berdistribusi normal, Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang homogen karena χ2 hit = 5,05 sedangkan χ2 tabel = 23,68, dan Uji Linearitas dinyatakan regresi linear karena Fhitung 1,325 < Ftabel 2,64, dan regresi dinyatakan signifikan karena Fhitung 157,21 > Ftabel 4,28. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh persamaan regresi Ŷ = -170,85 + 4,219X, dan koefisien korelasi sebesar 0,934, kemudian thitung yang didapat dengan menggunakan uji-t sebesar 4,11, lebih besar dari ttabel yaitu 2,50 dengan demikian terhadap hubungan yang signifikan antara kegiatan berbahasa dan pemerolehan kosakata arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aceng Rahmat M.Pd. ; 2). Muhammad Kamal M.A.,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2019 12:59
Last Modified: 06 Dec 2019 12:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2166

Actions (login required)

View Item View Item