PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS MELALUI PENGGUNAAN LAGU ANAK BERBAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI LINTAS MINAT DI SMAN 14 KOTA BEKASI TAHUN AJARAN 2016/2017

NIDYA SEPTIANA WAHYUNI, . (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS MELALUI PENGGUNAAN LAGU ANAK BERBAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI LINTAS MINAT DI SMAN 14 KOTA BEKASI TAHUN AJARAN 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
03 Lembar peryataan bukan plagiat & publikasi.pdf

Download (935kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text
02 Lembar pengesahan.pdf

Download (422kB)
[img] Text
05 ABSTRACT.pdf

Download (52kB)
[img] Text
07 KATA PENGANTAR.pdf

Download (102kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
09 daftar tabel dll.pdf

Download (99kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (54kB)
[img] Text
08 DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf

Download (921kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (143kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (277kB)
[img] Text
01 Cover skripsi nidya.pdf

Download (19kB)

Abstract

Penelitian berupa skripsi berjudul peningkatan kemampuan menyimak bahasa Prancis melalui penggunaan lagu anak berbahasa Prancis pada siswa kelas XI lintas minat SMAN 14 Bekasi ditujukan sebagai sebagai salah satu syarat kelulusan di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas XI lintas minat SMAN 14 Kota bekasi melalui penggunaan lagu anak berbahasa Prancis. Penelitian ini berlangsung dari bulan September s.d November 2016 dan terbagi dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. PTK ini diawali dengan observasi pembelajaran di kelas dan pemberian pretest kepada siswa. Pada siklus I, kegiatan belajar mengajar berjalan sesuai dengan perencanaan, namun masih terdapat beberapa kekurangan seperti siswa mengalami kesulitan dalam menangkap isi dari lagu anak dan siswa belum berani menjawab ketika diminta untuk menebak isi lagu. Hasil rata-rata nilai tes menyimak bahasa Prancis pada akhir siklus I yang diperoleh siswa adalah 74,90. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada siklus II berjalan lebih baik, siswa dapat memahami keseluran isi lagu anak dengan cepat, dan juga siswa terlihat lebih aktif dan berani saat diminta untuk menebak isi lagu anak berbahasa Prancis yang diputarkan. Peningkatan dalam kemampuan menyimak bahasa Prancis ini juga dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata tes menyimak yang diberikan guru pada akhir siklus II. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh adalah 88,30. Berdasarkan hasil kedua post-test yang dilakukan dalam dua siklus, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyimak bahasa Prancis siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan lagu anak berbahasa Prancis. Research entitled The Progression of French Listening Capabilities Through the Use of French Children’s Songs on Eleventh Grade Students at SMAN 14 Bekasi City intended as one of the requirements of graduation in the French Department, Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta. This research aims to improve the ability of listening to the eleventh grade students at SMAN 14 City bekasi through the use of French children's songs. This research took place from September to November 2016 and is divided into two cycles, each cycle consisting of two meetings. This Class Action Research (PTK) begins with classroom observation and a pretest to students. In the first cycle, teaching and learning activities run in accordance with the planning, but there are still some shortcomings such as students have difficulty in capturing the contents of children's songs and students have not dared to answer when asked to guess the contents of the song. The average score result of the post-test at the end of the first cycle obtained by the students was 74.90. The teaching and learning activities in cycle II runs better, students can understand the contents of children's songs quickly, and also students look more active and courageous when asked to guess the contents of the French children's song played. This increase in French-listening ability can also be seen from the average score of another post-test at the end of cycle II. The result of the average obtained was 88.30. Based on the results of the two post-tests conducted in two cycles, it can be concluded that the students listening ability can be enhanced through the use of French children's songs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:08
Last Modified: 11 Apr 2022 07:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26358

Actions (login required)

View Item View Item