HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN KERJA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PKN (Studi di Sekolah menengah atas negeri se-Jakarta timur)

RIZKI AGUSTIO, . (2008) HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN KERJA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PKN (Studi di Sekolah menengah atas negeri se-Jakarta timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang adakah hubungan antara pengalaman kerja dengan kompetensi profesional guru PKn sekolah menengah umum negeri SMU didaerah jakarta timur. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan, dimulai pada bulan april sampai dengan bulan mei 2008. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mulai melalui angket dan dokumentasi, dengan jumlah responden yang diberikan angket dalam penelitian ini sebanyak 25 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan di sembilan SMUN jakarta timur. Instrumen penelitian dengan menggunakan pedoman angket yang diberikan kepada responden. Data terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis skor interval untuk variabel Kompetensi Profesional. Dihitung juga reabilitas dari instrument tersebut yang kategorinya tinggi. Penelitian dibatasi pada pengalaman kerja yang terdiri dari masa kerja guru tersebut dan juga kompetensi yang diukur hanya kompetensi profesional saja. Dari hasil perhitungan maka didapat persamaan regresi Ǔ = 0,634 + 0,31X dengan menghitung jumlah X , Y , XY, serta X² danY². Perhitungan normalitas Galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Liliefors menunjukan Lhitung (0.135) = dan Ltabel (0,173) pada taraf (a) = 0,05 untuk jumlah sampel = 25 Lhitung (0.135) < Ltabel (0,173) maka dapat disimpulkan Galat taksiran Regresi normal. Uji keberartian regresi dengan mencari pada tabel distribusi F dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut (n-2) = 23 pada Į = 0,05 : Ftabel = 9,04 dan Fhitung = 4,17 hal ini menunjukkan Fh > Ft yang berarti regresi berarti. Uji Linieritas regresi dengan tabel distribusi F dan dk pembilang (k-2) = 11 dan dk penyebut (n-k) = 12 dengan Į = 0,05 diperoleh Fhitung = 1,21 sedangkan Ftabel = 2,79 hal ini menunjukan Fh < Ft yang berarti regresi linier Untuk koefisien korelasi Product Moment rhitung = sebesar 0,418 sedangkan uji hipotesis dilakukan dangan uji-t menghasilkan Thitung = 2,162 Ttabel = 1,7. Dan juga didapat koefisien determinasi dari variabel X yang mempengaruhi variabel Y dengan taraf determinasi yaitu 17,4%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dilapangan, ditemukan hubungan positif antara pengalaman kerja dengan kompetensi profesional yaitu kompetensi profesional mempengaruhi pengalaman kerja tidak hanya dari masa kerja tetapi dari sisi kualitas kerja yang dipunyai oleh guru tersebut

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Hj. Nadiroh, M.Pd; 2). Dra. Dias Pudyastuti.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:41
Last Modified: 06 Sep 2022 03:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34597

Actions (login required)

View Item View Item