MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI PECAHAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DI KELAS IV SDN MENTENG ATAS 11 PAGI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN

TRI LESTARI, . (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI PECAHAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DI KELAS IV SDN MENTENG ATAS 11 PAGI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (767kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA iik.pdf

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.....pdf

Download (59kB)
[img] Text
PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING SKRIPSI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN siklus i pertemuan II.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (870kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan realistik di kelas IV SDN Menteng Atas 11 Pagi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Menteng Atas 11 Pagi, Jakarta Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 37 orang. Pembelajaran Matematika berlangsung pada semester 2, tahun ajaran 2011-2012 dengan menggunakan pendekatan realistik, banyaknya siklus ada dua, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh saat proses pembelajaran melalui penggunaan media sederhana pada siklus I hasil belajar matematika, 59,45 % dan mencapai 86,48 % pada siklus II. Hasil instrumen pemantau tindakan pada siklus I yaitu 72.00% dan mencapai 96.00% pada siklus II. Dengan demikian melalui pendekatan realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Implikasi dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa meningkat jika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pendekatan realistik yang dapat membantu siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dan menjadi pelajar yang mandiri. The purpose of this study was to find out how to improving Learning mathematics Through the Realistic Education in IV SDN at Menteng Atas 11 Pagi Jakarta Selatan. The subjects in this study were four grade elementary school students, some 30 people. Learning mathematic progress in Semester 2, academic year 2011-2012 by using a realistic education, the number of cycles is two, namely the cycle I and cycle II. The results showed that the data obtained during the learning process use of realistic education on the first cycle of to learn mathematic, reaching 80.70% and 85.50% in cycle II. Results instruments to monitor the action on the first cycle of 76.00% and 96.00% in cycle II. Through the use of mathematic education to increase learn mathematic. The implications of this research is to increase student learning to learn mathematic if learning is done by using a mathematic education that can help students to be active in learning and become independent learners.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd; 2). Endang Wahyudiana, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:34
Last Modified: 12 Sep 2022 02:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35662

Actions (login required)

View Item View Item