PENGARUH EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI PADA MATA PELAJARAN HOUSEKEEPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK 37 JAKARTA (Penelitian pada siswa kelas XI sempester genap tahun 2018/2019 SMK 37 Jakarta)

MURNI ATIKA, . (2020) PENGARUH EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI PADA MATA PELAJARAN HOUSEKEEPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK 37 JAKARTA (Penelitian pada siswa kelas XI sempester genap tahun 2018/2019 SMK 37 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I. pdf.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB II. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf.pdf

Download (270kB)
[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (403kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Murni Atika, Pengaruh Efektivitas Metode Pembelajaran Simulasi Pada Mata Pelajaran Housekeeping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMK 37 Jakarta. Skripsi, Jakarta, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2020. Dosen Pembimbing: Dra. Nurlaila A. Mashabi, M.Kes. dan Dr. Shinta Doriza, M.Pd, M.S.E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Efektivitas Metode Pembelajaran Simulasi pada Mata Pelajaran Housekeeping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMK 37 Jakarta. Penelitian ini di lakukan di SMK 37 Jakarta, khususnya di kelas Xi Akomodasi Perhotelan pada bulan november 2019. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu dengan sampling jenuh yang berjumlah 10 orang. Karena populasinya yang relatif sedikit, sehingga dianggap cukup untuk mewakili seluruhnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen, jenis True-experimental design dan desain penelitian pre-test-post-test control group desain design. Analisis data menggunakan independent sampel t-test dengan α=0,05 menunjukkan thitung=2,449 dan ttabel=2,042, thitung> ttabel sehingg hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran housekeeping berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan akomodasi perhotelan di SMK 37 Jakarta. Hasil penelitian pada kelas eksperimen sebelum diberikannya materi pelajaran housekeeping menggunakan metode simulasi mendapatkan rerata sebesar 63,45 dan setelah peneliti menerapkan metode simulasi pada kelas eksperimen mendapatkan rerata sebesar 81,87. Penjabaran dari hasil penelitian pada kelas eksperimen kelas XI jurusan akomodasi perhotelan terdapat peningkatan sebesar 18,42 poin dari hasil penggunaan metode simulasi pada mata pelajaran housekeeping. Kata kunci: Hasil Belajar, Housekeeping, Metode pembelajaran simulasi, Siswa SMK ABSTRACT Murni Atika, Effect of Simulation Learning Method Effectiveness on Housekeeping Subjects Against Student Learning Outcomes Class XI Hospitality Accommodation 37 Jakarta. Thesis, Jakarta, Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Jakarta State University.2020. Advisor Lecturer Dra. Nurlaila A. Mashabi, M.Kes and Dr. Shinta Doriza, M.Pd, M.S.E This study aims to determine the effect of the Effectiveness of Simulation Learning Methods on Housekeeping Subjects on Student Learning Outcomes of Class XI Hospitality Accommodation 37 Jakarta. This research was conducted at SMK 37 Jakarta, especially in the XI Class of Hospitality Accommodation in November 2019. Sampling in this study used a nonprobability sampling technique that is saturated sampling totaling 10 people. Because the population is relatively small, so it is considered sufficient to represent the whole. This type of research is quantitative research using an experimental approach, the type of true-experimental design and pre-test-post-test control group design research design. Data analysis using independent sample t-test with α = 0.05 shows tcount = 2.449 and ttable = 2.042, tcount> ttable so that the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the hypothesis (Ho) is rejected. The results of this study indicate that the effectiveness of the simulation learning method on housekeeping subjects has a major effect on the learning outcomes of Grade XI students in hospitality accommodation majors at SMK 37 Jakarta. The results of the study in the experimental class before the subject matter of housekeeping using simulation methods get an average of 63.45 and after researchers apply the simulation method in the experimental class get an average of 81.87. The elaboration of the results of research in the class XI experimental class majoring in hospitality accommodation there was an increase of 18.42 points from the results of using the simulation method in housekeeping subjects. Keywords: Housekeeping, Learning Outcomes, Simulation learning methods, Vocational Students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dra. Nurlaila.A.Mashabi,M.Kes. ; Dr. Shinta Doriza,M.Pd.M.S.E
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 1041 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2020 11:53
Last Modified: 05 Mar 2020 11:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4271

Actions (login required)

View Item View Item