TUTIK CHOLISOTIN, . (2020) PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN MENGGUNAKAN POWER POINT INTERAKTIF (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER - NIM.pdf Download (668kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (544kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (699kB) |
|
Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (322kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (378kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (376kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (414kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (672kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (971kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (443kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (154kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Tutik Cholisotin, Pembelajaran Nahwu dengan Menggunakan Power point Interaktif (Penelitian Pengembangan di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta). Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Januari 2020. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengembangan media pembelajaran berbasis Power Point interaktif untuk pembelajaran Nahwu bagi mahasiswa semester dua di Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Hasil pengembangan Power Point interaktif terdiri dari 39 slide dan dirancang dengan animasi kartun dan back sound untuk membuat Power Point lebih hidup dan menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan Dick & Carry dengan Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate) Hasil penelitian melalui lima tahap dalam pengembangan media pembelajaran menggunakan Power Point Interaktif : (1) Analisis (Analyze), Analisis kebutuhan dari Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terhadap media pembelajaran Nahwu, (2) Desain (Design), peneliti mengumpulkan dan merancang hal-hal yang diperlukan sebelum tahap pengembangan Power Point interaktif (3) Pengembangan (Development), proses penilaian rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi (Ustadz Hendrawanto M,Pd) dan ahli media (Ustadz Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd), (4) Implementasi (Implementation), pengujian kelayakan media pembelajaran Power Point interaktif di Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta dengan 57 mahasiswa uji coba lapangan. Uji coba dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari produk yang dikembangkan, (5) Evaluasi (Evaluate), Mengevaluasi produk berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada ahli materi diperoleh rerata presentase skor 99% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, dan ahli media diperoleh rerata presentase skor 92% yang lermasuk dalam kategori Sangat Layak dan penilaian kelayakan media oleh mahasiswa uji coba lapangan diperoleh rerata presentase skor 86% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka Power Point interaktif yang dikembangkan bagus dan cocok digunakan sebagai media pembelajaran untuk pembelajaran Nahwu. ABSTRACT Tutik Cholisotin, Learning Nahwu Using Interactive Power Point (Research Development in Arabic Language Education Study Program, Jakarta State University). Skripsi. Arabic Language Education Study Program, Faculty of Languages and Arts, Jakarta State University. January 2020. This study aimed to obtain the development of interactive Power point based learning media for learning Arabic Qowa'id for second semester students at the Arabic Language Study Program, Jakarta State University. The results of the development of interactive power point learning media consisting of 39 slides and is designed with animation and sound to make the interactive power point more life and enjoyment. The method used in this research is the Dick & Carry development method with ADDIE Model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). he results of the study went through five steps in in the development of learning media using the interactive power point : (1) Analyze of the needs of Lecturers and Students of Arabic Language Study Program on Qowa'id Arabic learning media, (2) Design, researchers collect and design things that are needed before the development stage of interactive power points, (3) Development, The process of evaluating product design is done by giving an assessment. Product assessment was carried out by material experts (Ustadz Hendrawanto M,Pd) and media experts (Ustadz Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd), then (4) Implementation, Testing the feasibility of learning media interactive power point in the Arabic Language Education, Jakarta State University with 57 field trial students. The trial was conducted to determine the effectiveness of the product being developed. (5) Evaluate, the product based on the result of the quistionnaire given to material experts shows the average of score percentage is 99% “Very Decent”, and media expert shows the average is score percentage is 92% “Very Decent”, and the scoring of the student in the experiment show that the average of score percentage is 86% “Very Decent”. Therefore, the interactive Power Point developed is good and suitable for use as a learning Media for learning Nahwu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). R.A Barnabas, M. Pd 2). Dr. Siti Jubaidah, M. Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 1855 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 14:51 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 14:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5275 |
Actions (login required)
View Item |