PENINGKATAN KESADARAN DIRI DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) BERBASIS PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR

ANSFRIDUS BONI, . (2016) PENINGKATAN KESADARAN DIRI DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) BERBASIS PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Microsoft Word - BAB I.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Microsoft Word - BAB II.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Microsoft Word - BAB III.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Microsoft Word - BAB IV.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Microsoft Word - BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Microsoft Word - ABSTRAK BINDO.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Microsoft Word - abstrak ingris.pdf

Download (4kB)
[img] Text
Microsoft Word - CAPER.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Microsoft Word - DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Microsoft Word - KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Microsoft Word - LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan Kesadaran Diri Siswa melalui Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Berbasis Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas III SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini diadakan di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi dan pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik pada siklus I adalah 55,52%, dan siklus II 85,10%. Adapun persentase kuesioner kesadaran diri siswa pada siklus I adalah 60% dan siklus II 86,66%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesadaran diri siswa kelas III SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur dapat ditingkatkan melalui pembelajaran tematik pada pembelajaran PKn. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa melalui pembelajaran tematik merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kesadaran diri siswa di kelas III SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd ; 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2019 10:16
Last Modified: 31 Oct 2019 10:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item View Item