MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY DI SDN KELAPA GADING BARAT 01 JAKARTA UTARA

GADIS REGINA DWINOVFRICA, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY DI SDN KELAPA GADING BARAT 01 JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
LEMBAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (37kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (689kB)
[img] Text
LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LEMBAR JUDUL.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (922kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode cooperative learning tipe course review horay di kelas IV SDN Kelapa Gading Barat 01 Jakarta Utara, yang berlokasi di jalan P. Tomiang 1 No 45 RT 011/03 Komplek TNI AL Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara.. Waktu Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2015/2016, yakni pada bulan Juni 2016 sampai dengan bulan Agustus 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dengan menerapkan metode cooperative learning tipe course review horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV . Pada siklus I dan II hasil belajar IPS mencapai 27,58%, dan 90%. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative learning tipe course review horay dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi lingkungan setempat di kelas IV Sekolah Dasar. The purpose of this research is to determine the learning using cooperative learning method as an effort to improe the outcomes of learning Social Science through cooperative learning method course review horay type in fourth grade at SDN 01 West Kelapa Gading, North Jakarta, which is located on P. Tomiang street 1 No. 45 RT 011 / 03 komplek TNI AL, West Kelapa Gading, North Jakarta. The research was conducted in the first semester of the school year 20162017, on Juny to August 2016. The method is a Classroom Action Research with four stages of each cycle, namely planning, action, observation, and reflection. The result of reserach, by applying cooperatie learning method- course review horay type, could improe the outcomes of learning Social Science reached 27,58% and 90% with 70 as standart score. The implication of this research is that learning by using cooperatie learning method- course review horay type can be one way to improe the cognitive outcomes of learning Social Science on the subject of local enironment in the fourth grade of primary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, S.Pd M.Pd. 2). Dra. Sehati Kaban M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:05
Last Modified: 07 Apr 2022 02:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25973

Actions (login required)

View Item View Item