HUZAINAH ASRORIYAH, . (2017) PENGEMBANGAN HIPOTETIK BUKU BANTUAN DIRI (SELF-HELP BOOK) TENTANG PERILAKU BULLYING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. ABSTRACT.pdf Download (8kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
|
Text
5. LEMBAR KEASLIAN.pdf Download (236kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (246kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (23kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (62kB) |
|
Text
6. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (8kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (61kB) |
|
Text
7. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (41kB) |
|
Text
8. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Download (663kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (214kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (396kB) |
|
Text
18. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (348kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
|
Text
19. LEMBAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (97kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (351kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku bantuan diri yang berjudul “Awas Bullying!”. Buku tersebut ditujukan bagi mahasiswa agar dapat memperbaiki diri dan terhindar dari bullying. Studi pendahuluan dilakukan di Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), pelaksanaan merujuk pada prosedur yang dikembangkan Borg dan Gall. Produk yang dihasilkan bersifat hipotetik yang telah divalidasi ahli menyangkut kebahasaan, media dan isi materi. Tahap penelitian dan pengembangan: 1) pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan format produk awal; 4) validasi produk awal; dan 5) revisi produk. Pada tahap validasi, produk dinilai oleh tiga ahli, yaitu ahli media, ahli bahasa, ahli materi. Selain itu, produk juga dinilai oleh pengguna, yaitu mahasiwa. Hasil persentase kelayakan buku dari masing-masing validator yaitu, ahli materi menilai sebesar 80,5% (layak), ahli media sebesar 79,16% (layak), ahli bahasa sebesar 66,6% (layak) dan validator pengguna sebesar 81% (sangat layak). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu buku bantuan diri mengenai perilaku bullying dikategorikan layak dengan rata-rata persentase sebesar 76,81%. Diharapkan buku bantuan diri tentang bullying dapat diujicobakan sehingga buku ini efektif digunakan, uji coba dilakukan tidak hanya di Universitas Negeri Jakarta, tetapi dapat diujicobakan lebih luas ke universitas lainnya. This research aims to develop self-help book titled " Awas Bullying!". The book is intended for students in order to improve themselves and avoid bullying. Preliminary studies conducted at the State University of Jakarta. The method used in this research is the Research and Development and the implementation refers to the procedures developed Borg and Gall. The resulting product are hypothetical validated concerning linguistic experts, media and content material. Stage of research and development is: 1) the collection of information; 2) planning; 3) the development of initial product formats; 4) early product validation; and 5) a revision of the product. In the validation phase, the products are rated by three experts, the media experts, linguists, expert material. In addition, the products are also rated by the users, namely students. The results of the feasibility books percentage of each validator that is, material experts assess amounted to 80.5% (decent), a media expert at 79.16% (decent), linguist by 66.6% (decent) and validators users by 81% (very decent). Self-help books about bullying are expected to be tested so that the book is effectively used, the test is done not only at the State University of Jakarta, but could be tested more widely to other universities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Gantina Komalasari, M.Psi. 2). Drs. Djunaedi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 09 Apr 2022 02:52 |
Last Modified: | 09 Apr 2022 02:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26147 |
Actions (login required)
View Item |