Yusuf Dwi Gati, . (2018) Analisis Lagu Biasa Ciptaan RAJ Soedjasmin. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Lembar Judul.pdf Download (170kB) |
|
Text
Kata Pengantar-Daftar Isi-Daftar Gambar-Daftar Lamppiran.pdf Download (397kB) |
|
Text
orisinalitas.pdf Download (1MB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (388kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (251kB) |
|
Text
Daftar Pustaka-Glosarium.pdf Download (278kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan struktur karya Lagu Biasa ciptaan RAJ Soedjasmin. Objek penelitian difokuskan pada bentuk dan struktur ditinjau dari melodi, ritmik, dan harmoni karya Lagu Biasa ciptaan RAJ Soedjasmin. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis musikologi. Data yang diperoleh dengan cara studi dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan (verifikasi). Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa karya Lagu Biasa ciptaan RAJ Soedjasmin awalnya adalah karya puisi yang di alih wahanakan menjadi lagu dengan iringan piano yang memiliki bentuk through composed. Setelah dilakukan penelurusan lebih lanjut karya ini tidak memiliki pengulangan didalamnya karena setiap bagian merupakan melodi dan iringan yang baru. Struktur karya ini secara keseluruhan adalah terdiri dari 6 tema dan 3 sisipan yang tidak memiliki kesamaan di tiap tema yang ada namun disatukan oleh syair yang kemudian menjadi sebuah kesatuan karya. Hal ini dapat dilihat dari perubahan baik tonalitas juga ritmik serta pola iringan yang digunakan. Dalam hal ini permainan tonalitas, dan juga akor yang digunakan serta bentuk lagu ini mirip dengan lied Jerman yang berkembang pada zaman romantik yang dituangkan kedalam karya seriosa indonesia. Dalam karya ini terdapat pola motif dari toreadore carmen, bach ave maria. Selain adanya perubahan tonalitas dan adanya motif dari lagu lain yang diambil lagu ini juga mengalami perubahan birama pada bagian B. Penggunaan akor yang digunakan salah satunya adalah akor septim. Penggunaan syair puisi dalam lagu ini membuat lagu ini lebih cocok dinyanyikan oleh laki-laki agar suasana yang dibangun dalam lagu ini semakin hidup.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Caecillia Hardiarini, M.Pd 2) Helena Evelin Limbong, M.Sn |
Subjects: | Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 11:30 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 11:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1527 |
Actions (login required)
View Item |