PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENGENALAN BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Esperimen TK ISLAM FITRAH AL FIKRI KOTA DEPOK)

Anna Syifa Fauziah, . (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENGENALAN BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Esperimen TK ISLAM FITRAH AL FIKRI KOTA DEPOK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN EXPERT JUDGEMENT.pdf

Download (118kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (965kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI DLL.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2.pdf

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3.pdf

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN 4 5.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berupa media audio visual video pembelajaran yaitu sebuah penggunaan media yang menggabungkan unsur suara dan gambar dengan mengkolaborasikan indera pendengaran dan indera penglihatan. Penelitian ini diawali oleh masalah diantaranya yakni rendahnya hasil belajar anak usia 4-5 tahun pada pengenalan bentuk geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Pengenalan Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TKIF Al Fikri Depok semester I tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini siswa kelompok A semester I di Taman Kanak-kanak Depok. Sampel anak berusia 4-5 tahun di Kelompok A berjumlah 20 dengan jumlah kelas yaitu dua kelompok. Masing-masing kelompok berjumlah 10 anak. Penelitian menggunakan design penelitian Post Test Only Control Grup Design dan pengumpulan data menggunakan instrumen observasi. Perhitungan normalitas yang telah dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh dari hasil kedua data normal, pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel (0,166 < 0,258) dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel (0,193 < 0,258). Selanjutnya dilakukan pengujian homogenitas data menggunakan uji F dan hasilnya kedua data juga homogen yaitu Fhitung < Ftabel atau 0,85 < 3.18. Adapun untuk pengujian hipotesis menggunakan uji –t diperoleh thitung > ttabel atau (6,89 > 1,734) artinya hipotesis nol ditolak (H0) dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media video pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar pengenalan bentuk geometri anak usia 4-5 tahun. Media video pembelajaran tentang pengenalan bentuk geometri bangun datar dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Eriva Syamsiatin, S.Pd, M.Si 2) Dr. Nurjannah, M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Nov 2019 10:19
Last Modified: 21 Nov 2019 10:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item