PENGARUH MEDIA WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA ARAB PADA SISWI KELAS VII DI PONDOK PESANTREN AT-TAQWA PUTERI BEKASI

MI’ATUL HASANAH, . (2015) PENGARUH MEDIA WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA ARAB PADA SISWI KELAS VII DI PONDOK PESANTREN AT-TAQWA PUTERI BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 5.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BIODATA DIRI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (455kB)
[img] Text
Cover Indonesia.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Cover Arab.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (957kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat media Word Square terhadap hasil belajar membaca bahasa arab pada siswi kelas VII di Pondok Pesantren At-Taqwa Puteri Bekasi. Penelitian dilaksanakan di Pondok Pesantren At-Taqwa Puteri Bekasi pada bulan April - Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswi Pondok Pesantren At-Taqwa Puteri Bekasi. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswi kelas VII dari kelas A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswi dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswi. Pengukuran hasil belajar membaca dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes berjumlah 30 soal. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh (Lhitung) 0,83 dan pada kelas Kontrol diperoleh (Lhitung) 0,86 sedangkan Ltabel pada kelas Eksperimen diperoleh 0,886 (n = 34, taraf signifikansi 5%) dan pada kelas kontrol diperoleh 0,886 (n = 38, taraf signifikansi 5%) karena kedua (Lhitung) < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung = 14,97 < χ²tabel = 51,7, artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, didapatkan thitung = 8,23. Dengan dk 70 dan ttabel = 1,671 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian thitung = 8,23 > ttabel = 1,671 jadi H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media Word Square berpengaruh terhadap hasil belajar membaca bahasa arab pada siswi kelas VII di Pondok Pesantren At-Taqwa Puteri Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zainal Rafli, M. Pd. ; 2). Muhammad Kamal, M. A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 04:06
Last Modified: 20 May 2022 04:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28499

Actions (login required)

View Item View Item