PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MENGGUNAKAN STRATEGI STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X DI SMA ASSYAFI'IYAH 02

SYAFITRI, . (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MENGGUNAKAN STRATEGI STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X DI SMA ASSYAFI'IYAH 02. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER DEPAN.pdf

Download (476kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (560kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (864kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (265kB)
[img] Text
LEMBAR PUBLIKASI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (819kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (582kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (691kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (202kB)

Abstract

SYAFITRI. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Menggunakan Strategi Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas X di SMA Assyafi’iyah 02. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Januari 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab menggunakan Strategi Student Team Achievement Division pada siswa kelas X di SMA Assyafi’iyah 02, yang dimulai pada bulan Oktober 2019 hingga November 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Assyafi’iyah 02 dengan jumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dan penelitian ini terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes hasil belajar yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam memahami pelajaran Bahasa Arab. Observasi yang digunakan sesuai dengan format observasi untuk mengukur kinerja guru dan siswa dalam kegiatan belajar dan mengajar. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata siklus I yaitu 67,25 dan siklus II 90,5. Sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus ke II sebesar 23,25. Dan semua siswa berhasil pada siklus II dari kriteria penuh presentase 100% atau diatas kriteria minimum yaitu 75. Sehingga penelitian dicukupkan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Strategi Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran bahasa arab dan dapat memperbaiki hasil belajar pada siswa kelas X di SMA Assyafi’iyah 02. Dengan demikian, Strategi Student Team Achievement Division (STAD) adalah salah satu strategi yang dapat diaplikasikan dalam pengajaran Bahasa Arab. Sehingga siswa semangat dan lebih mudah dalam memahami pelajaran Bahasa Arab. SYAFITRI. Improving Arabic Learning Outcomes Using Student Team Achievement Division (STAD) Strategies in Class X Students at Assyafi'iyah 02 High School. Thesis. Jakarta: Arabic Language Education Study Program, Faculty of Languages and Arts State University of Jakarta, January 2020. This research aims to knowing the improvement of Arabic Learning Outcomes using the Student Team Achievement Division Strategy in class X students at Assyafi'iyah 02 High School, which began in October 2019 until November 2019. The research method used was classroom action research (PTK), the source of this research is students class X at Assyafi'iyah 02 High School with 20 students. This research was conducted using the Kemmis and Mc Taggart models. This research consists of four stages, namely planning, action, observing and reflection. And this study consisted of two cycles each cycle consisting of four meetings. The instruments used are test results of study and observation. Learning outcomes tests used to measure student success in understanding the Arabic vocabulary. Observation format is used according to measure the performance of teachers and students in learning. Based on the results of this research were obtaining, the average value of cycle I was 67,25 and cycle II 90,5. So that an increase from cycle I to cycle II was 23,25. And all students succeed in the cycle II of the full criteria of 100% percentage or above the minimum criteria of 75. So the research is sufficient in the cycle II. Based on the results of the above research, the researchers concluded that the Student Team Achievement Division (STAD) Strategy can improve students' ability to understand Arabic language lessons and can improve learning outcomes in class X students at Assyafi'iyah 02 High School. There for, Student Achievement Division Student Team Strategy (STAD) is one of the strategies that can be applied in teaching Arabic. So students are excited and easier to understand Arabic lessons.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd 2. Dr. Muhammad Kamal, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 1300 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2020 16:05
Last Modified: 10 Mar 2020 16:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4168

Actions (login required)

View Item View Item