ICHWAN ALFIANSYAH, . (2017) PENGARUH GAYA MENGAJAR PERIKSA DIRI DAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP KETERAMPILAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM FUTSAL PADA SISWA KELAS X SMAK 5 PENABUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 5.pdf Download (85kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (154kB) |
|
Text
bab 3 .pdf Download (212kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (243kB) |
|
Text
lampiran gambar.pdf Download (2MB) |
|
Text
Cover Iwan.pdf Download (15kB) |
|
Text
Jurnal Ichwan.pdf Download (253kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR dan daftar isi.pdf Download (78kB) |
|
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf Download (84kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (215kB) |
|
Text
Lampiran tes.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lampiran lembar panduan futsal.pdf Download (91kB) |
|
Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (804kB) |
|
Text
orisinalitas.pdf Download (83kB) |
|
Text
RPP.pdf Download (244kB) |
|
Text
SUMMARY.pdf Download (46kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara gaya mengajar periksa diri dan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar passing (mengoper) dalam permainan futsal siswa kelas X SMAK Penabur 5 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan olahraga SMAK 5 Penabur Jakarta Jalan Kelapa Hibrida Raya Blok QA3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, D.K.I Jakarta. Penelitian ini dimulai tanggal 20 Januari – 5 Maret , dan jadwal penelitian setiap hari Rabu pukul 15.00 – 16.20. penelitian ini dilaksanakan 8 kali perlakuan dengan metode eksperimen dengan jumlah siswa 30 siswa. Siswa mengambil 1 kertas undian , yang mendapat angka ganjil kelompok A sedangkan genap kelompok B. Teknik analisa data yang digunakan adalah analis data uji „‟ t “ dimulai dengan menghitung t untuk dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis data adalah sebagai berikut : hasil penelitian tes awal dan tes akhir gaya mengajar. Gaya mengajar periksa diri adalah tes awal sebagai berikut : nilai rata-rata (mean) = 8,33 , standar deviasi (SD) = 3,50 dan standar deviasi mean (SDM) = 0,93 , tes akhir adalah sebagai berikut : nilai rata – rata (mean) = 14 , standar deviasi (SD) = 3,74 dan standar deviasi mean (SDM) = 1. Hasil tes awal dan tes akhir keterampilan passing menggunakan kaki bagian dalam kedua kelompok tersebut diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,38 , standar Deviasi Perbedaan mean (SDbm) sebesar 1,08 dan nilai t hitung 5,25. Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14= 28, t tabel = 2,14 dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 5,25 > 2,14. Sedangkan tes awal dan tes akhir untuk Passing kaki bagian dalam dengan gaya resiprokal adalah sebagai berikut : tes awal dengan nilai rata�rata (Mean) = 9 , standar deviasi (SD) = 3,74 dan standar deviasi mean (SDM) = 1 , tes akhir dengan nilai rata-rata (Mean) =17,66 ,standar deviasi (SD) = 3,50 dan standar deviasi mean (SDM) = 0,96. Hasil tes awal dan akhir Passing kaki bagian dalam kelompok gaya resiprokal tersebut diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,64, standar Deviasi Perbedaan mean (SDbm) sebesar 0,83 dan nilai t hitung 10,43. Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14= 28, t tabel = 2,14 dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 10,43 > 2,14. Dari hasil penelitian tes akhir yang dikumpulkan mengenai keterampilan passing kaki bagian dalam dengan gaya mengajar periksa diri adalah sebagai berikut : nilai rata-rata (Mean) = 14, standar deviasi (SD) = 3,74 dan standar deviasi mean = 1. Dari hasil passing kaki bagian dalam gaya mengajar resiprokal nilai rata-rata (Mean) =17,66 standar deviasi (SD) = 3,50, dan standar deviasi mean = 0,96. Dari hasil tes akhir keterampilan passing kaki bagian dalam kedua kelompok tersebut diperoleh standar deviasi perbedaan mean (SDbm) sebesar 1,39 dan t hitung sebesar 2,64 Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14= 28, t tabel = 2,048, dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 2,64 > 2,048. Dengan demikian t hitung > t tabel yang berarti Ho di tolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa Gaya mengajar periksa diri dapat meningkatkan keterampilan passing kaki bagian dalam pada siswa kelas X SMAK 5 Penabur Jakarta, Gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan keterampilan passing kaki bagian dalam pada siswa kelas X SMAK 5 Penabur Jakarta, Gaya mengajar resiprokal lebih efektif dari pada gaya mengajar periksa diri terhadap keterampilan passing kaki bagian dalam pada siswa kelas X SMAK 5 Penabur Jakarta. This study aims to compare which is more effective between self�taught teaching style and reciprocal teaching style to passing learning outcomes in futsal game of grade X students SMAK Penabur 5 Jakarta. This research was conducted in sports field SMAK 5 Penabur Jakarta Jalan Kelapa Hibrida Raya Block QA3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta, D.K.I Jakarta. The study started on January 20th - March 5th, and the research schedule was every Wednesday at 15.00 - 16.20. This study was conducted 8 times treatment with experimental method with the number of students 30 students. Students take 1 lottery paper, which gets an odd number of group A while even group B. Data analysis technique used is analyst test data '' t "starts with t count to be compared with t table at significant level α = 0,05. The results of data analysis are as follows: the results of preliminary and final test of teaching style. The teaching style of self check is the initial test as follows: mean value = 8.33, standard deviation (SD) = 3.50 and standard deviation of mean (SDM) = 0.93, the final test is as follows: value Mean (mean) = 14, standard deviation (SD) = 3.74 and standard deviation of mean (SDM) = 1. Initial test result and end test of passing skill using inner leg of both groups obtained correlation coefficient (rxy) of 0.38, standard deviation Mean Difference (SDbm) of 1.08 and t value 5.25. Furthermore, in the test with t table with degrees of trust α = 0.05 and degrees of freedom (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14 = 28, t table = 2.14 Thus the value t arithmetic > T table value or 5.25> 2.14. While the initial test and the final test for inner foot passing with reciprocal style are as follows: initial test with mean value = 9, standard deviation (SD) = 3.74 and standard deviation of mean (SDM) = 1, Final test with mean score = 17.66, standard deviation (SD) = 3.50 and standard deviation of mean (SDM) = 0.96. Initial and final test results Passing inner legs of the reciprocal style group obtained correlation coefficient (rxy) of 0.64, standard deviation Mean Difference (SDbm) of 0.83 and t value of 10.43. Furthermore, in the test with t table with degrees of trust α = 0.05 and degrees of freedom (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14 = 28, t table = 2.14 Thus the value t arithmetic > T table value or 10.43> 2.14. From the final test results collected on inner foot passage skills with self-examination teaching style are as follows: mean value = 14, standard deviation (SD) = 3.74 and standard deviation of mean = 1. From result Passing inner legs of teaching style reciprocal of mean value = 17.66 standard deviation (SD) = 3.50, and standard deviation of mean = 0.96. From the final test result of foot passing skill in both groups obtained standard deviation of mean difference (SDbm) equal to 1,39 and t arithmetic equal to 2,64 next in test with t table with degree of trust α = 0,05 and degree of freedom (dk ) = 14 + 14 = 28, t table = 2.048, thus t count> t table value or 2.64> 2.048. Thus t count> t table which means Ho rejected, so it can be concluded that teaching style self-examination can improve inner foot passing skills in grade X students SMAK 5 Penabur Jakarta, reciprocal teaching style can improve inner foot passing skills in class students X SMAK 5 Penabur Jakarta, The reciprocal teaching style is more effective than the teaching style of self-examination of inner foot passing skills in grade X SMAK 5 Penabur Jakarta students
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Andri Irawan, M.Pd 2) Hermanto, M.Pd |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi |
Divisions: | FIO > Penjaskesrek |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 07:24 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 07:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30407 |
Actions (login required)
View Item |