PENGARUH GAYA MENGAJAR PERIKSA DIRI DAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP KETERAMPILAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM FUTSAL PADA SISWA KELAS X SMAK 5 PENABUR

ICHWAN ALFIANSYAH, . (2017) PENGARUH GAYA MENGAJAR PERIKSA DIRI DAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP KETERAMPILAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM FUTSAL PADA SISWA KELAS X SMAK 5 PENABUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 5.pdf

Download (85kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (154kB)
[img] Text
bab 3 .pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (243kB)
[img] Text
lampiran gambar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Cover Iwan.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Jurnal Ichwan.pdf

Download (253kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR dan daftar isi.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Lampiran tes.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran lembar panduan futsal.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (804kB)
[img] Text
orisinalitas.pdf

Download (83kB)
[img] Text
RPP.pdf

Download (244kB)
[img] Text
SUMMARY.pdf

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara gaya mengajar periksa diri dan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar passing (mengoper) dalam permainan futsal siswa kelas X SMAK Penabur 5 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan olahraga SMAK 5 Penabur Jakarta Jalan Kelapa Hibrida Raya Blok QA3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, D.K.I Jakarta. Penelitian ini dimulai tanggal 20 Januari – 5 Maret , dan jadwal penelitian setiap hari Rabu pukul 15.00 – 16.20. penelitian ini dilaksanakan 8 kali perlakuan dengan metode eksperimen dengan jumlah siswa 30 siswa. Siswa mengambil 1 kertas undian , yang mendapat angka ganjil kelompok A sedangkan genap kelompok B. Teknik analisa data yang digunakan adalah analis data uji „‟ t “ dimulai dengan menghitung t untuk dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis data adalah sebagai berikut : hasil penelitian tes awal dan tes akhir gaya mengajar. Gaya mengajar periksa diri adalah tes awal sebagai berikut : nilai rata-rata (mean) = 8,33 , standar deviasi (SD) = 3,50 dan standar deviasi mean (SDM) = 0,93 , tes akhir adalah sebagai berikut : nilai rata – rata (mean) = 14 , standar deviasi (SD) = 3,74 dan standar deviasi mean (SDM) = 1. Hasil tes awal dan tes akhir keterampilan passing menggunakan kaki bagian dalam kedua kelompok tersebut diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,38 , standar Deviasi Perbedaan mean (SDbm) sebesar 1,08 dan nilai t hitung 5,25. Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14= 28, t tabel = 2,14 dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 5,25 > 2,14. Sedangkan tes awal dan tes akhir untuk Passing kaki bagian dalam dengan gaya resiprokal adalah sebagai berikut : tes awal dengan nilai rata�rata (Mean) = 9 , standar deviasi (SD) = 3,74 dan standar deviasi mean (SDM) = 1 , tes akhir dengan nilai rata-rata (Mean) =17,66 ,standar deviasi (SD) = 3,50 dan standar deviasi mean (SDM) = 0,96. Hasil tes awal dan akhir Passing kaki bagian dalam kelompok gaya resiprokal tersebut diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,64, standar Deviasi Perbedaan mean (SDbm) sebesar 0,83 dan nilai t hitung 10,43. Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14= 28, t tabel = 2,14 dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 10,43 > 2,14. Dari hasil penelitian tes akhir yang dikumpulkan mengenai keterampilan passing kaki bagian dalam dengan gaya mengajar periksa diri adalah sebagai berikut : nilai rata-rata (Mean) = 14, standar deviasi (SD) = 3,74 dan standar deviasi mean = 1. Dari hasil passing kaki bagian dalam gaya mengajar resiprokal nilai rata-rata (Mean) =17,66 standar deviasi (SD) = 3,50, dan standar deviasi mean = 0,96. Dari hasil tes akhir keterampilan passing kaki bagian dalam kedua kelompok tersebut diperoleh standar deviasi perbedaan mean (SDbm) sebesar 1,39 dan t hitung sebesar 2,64 Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14= 28, t tabel = 2,048, dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 2,64 > 2,048. Dengan demikian t hitung > t tabel yang berarti Ho di tolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa Gaya mengajar periksa diri dapat meningkatkan keterampilan passing kaki bagian dalam pada siswa kelas X SMAK 5 Penabur Jakarta, Gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan keterampilan passing kaki bagian dalam pada siswa kelas X SMAK 5 Penabur Jakarta, Gaya mengajar resiprokal lebih efektif dari pada gaya mengajar periksa diri terhadap keterampilan passing kaki bagian dalam pada siswa kelas X SMAK 5 Penabur Jakarta. This study aims to compare which is more effective between self�taught teaching style and reciprocal teaching style to passing learning outcomes in futsal game of grade X students SMAK Penabur 5 Jakarta. This research was conducted in sports field SMAK 5 Penabur Jakarta Jalan Kelapa Hibrida Raya Block QA3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta, D.K.I Jakarta. The study started on January 20th - March 5th, and the research schedule was every Wednesday at 15.00 - 16.20. This study was conducted 8 times treatment with experimental method with the number of students 30 students. Students take 1 lottery paper, which gets an odd number of group A while even group B. Data analysis technique used is analyst test data '' t "starts with t count to be compared with t table at significant level α = 0,05. The results of data analysis are as follows: the results of preliminary and final test of teaching style. The teaching style of self check is the initial test as follows: mean value = 8.33, standard deviation (SD) = 3.50 and standard deviation of mean (SDM) = 0.93, the final test is as follows: value Mean (mean) = 14, standard deviation (SD) = 3.74 and standard deviation of mean (SDM) = 1. Initial test result and end test of passing skill using inner leg of both groups obtained correlation coefficient (rxy) of 0.38, standard deviation Mean Difference (SDbm) of 1.08 and t value 5.25. Furthermore, in the test with t table with degrees of trust α = 0.05 and degrees of freedom (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14 = 28, t table = 2.14 Thus the value t arithmetic > T table value or 5.25> 2.14. While the initial test and the final test for inner foot passing with reciprocal style are as follows: initial test with mean value = 9, standard deviation (SD) = 3.74 and standard deviation of mean (SDM) = 1, Final test with mean score = 17.66, standard deviation (SD) = 3.50 and standard deviation of mean (SDM) = 0.96. Initial and final test results Passing inner legs of the reciprocal style group obtained correlation coefficient (rxy) of 0.64, standard deviation Mean Difference (SDbm) of 0.83 and t value of 10.43. Furthermore, in the test with t table with degrees of trust α = 0.05 and degrees of freedom (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14 = 28, t table = 2.14 Thus the value t arithmetic > T table value or 10.43> 2.14. From the final test results collected on inner foot passage skills with self-examination teaching style are as follows: mean value = 14, standard deviation (SD) = 3.74 and standard deviation of mean = 1. From result Passing inner legs of teaching style reciprocal of mean value = 17.66 standard deviation (SD) = 3.50, and standard deviation of mean = 0.96. From the final test result of foot passing skill in both groups obtained standard deviation of mean difference (SDbm) equal to 1,39 and t arithmetic equal to 2,64 next in test with t table with degree of trust α = 0,05 and degree of freedom (dk ) = 14 + 14 = 28, t table = 2.048, thus t count> t table value or 2.64> 2.048. Thus t count> t table which means Ho rejected, so it can be concluded that teaching style self-examination can improve inner foot passing skills in grade X students SMAK 5 Penabur Jakarta, reciprocal teaching style can improve inner foot passing skills in class students X SMAK 5 Penabur Jakarta, The reciprocal teaching style is more effective than the teaching style of self-examination of inner foot passing skills in grade X SMAK 5 Penabur Jakarta students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Andri Irawan, M.Pd 2) Hermanto, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:24
Last Modified: 16 Jun 2022 07:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30407

Actions (login required)

View Item View Item